#JumpaHangat; Mengulik Gaya “Rustic Decoupage” Bersama Komunitas Be D’Craft

Apa yang ada di benak kalian begitu mendengar kata Rustic?

Atau kalian adalah salah satu pecinta benda-benda dengan gaya Rustic?

Rustic dalam bahasa Indonesia berarti ‘berkarat’ atau tua, dan memiliki permukaan yang kasar karena tidak dipoles dengan sempurna dan rapi. Kalau dibayangkan, rustic menghadirkan kesan yang lusuh, jelek, dan tidak enak dipandang. Uniknya, kini rustic justru menjadi tren desain interior. Salah satu teknik menghias barang rustic adalah seni kerajinan tangan “decoupage”.

Pada Jumat, 11 Agustus 2017, Sebangsa dan Komunita.ID bekerjasama kembali dengan Mba Edita Rianti Anastasia dari Komunitas Bekasi D’Craft untuk berbagi ilmu dalam acara Jumpa Hangat “Workshop Kreatif; Rustic Style Decoupage” di Sebangsa HQ.

Acara yang dmulai pukul 15.00 ini, selain diramaikan oleh berbagai komunitas, dihadiri juga peserta umum yang tertarik untuk belajar teknik-teknik decoupage dengan gaya Rustic. Acara dibuka dengan pengenalan aplikasi Sebangsa dan keunggulannya sebagai platform gotong royong komunitas di Indonesia yang telah berhasil menghimpun lebih dari 100.000 pengguna.

Peserta tampak sudah tidak sabar ingin berlatih decoupage dengan gaya rustic. Tidak banyak teori yang disampaikan oleh Mba Edita, beliau langsung membagikan alat kreasi decoupage dan mengajak peserta untuk langsung praktik dengan dipandu olehnya. Media yang digunakan dalam workshop decoupage kali ini yaitu kotak persegi dari kayu.

Pertama-tama peserta melapisi seluruh permukaan dan bagian dalam kotak kayu tersebut dengan pilihan cat yang diminati. Namun, menurut Mba Edita, pada tahap awal pelapisan cat ini, sebaiknya dengan menggunakan warna cat yang lebih gelap. Selanjutnya, jika cat sudah kering, peserta menggosokkan lilin pada permukaan kotak kayu, yang kemudian dilapisi lagi cat dengan warna yang lebih muda.

Nah, untuk mendapatkan kesan Rustic pada kotak kayu tersebut, maka lapisan cat kedua yang sudah kering, kemudian perlahan digosokkan amplas, hingga sedikit-sedikit bagian atas cat mengelupas. Barulah pada tahap akhir, peserta menempelkan pilihan motif bunga diatas kotak kayu tersebut. Menarik bukan?

Nah, buat kalian yang mau ikut kelas-kelas seru lainnya dari Sebangsa, jangan lupa untuk pantengin informasinya di media sosial Sebangsa dan Komunita.ID ya!

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke kontak@komunita.id. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *