Hari Sumpah Pemuda, Puluhan Komunitas di Karawang Bacakan Sumpah Generasi Bangsa

PERINGATI Hari Sumpah Pemuda, puluhan komunitas di Karawang, Jawa Barat bacakan Sumpah Generasi Bangsa. Bertemakan ‘Sumpah Bukan Sampah’, sejumlah pemuda menampilkan karya serta berdiskusi tentang peran pemuda mengisi kemerdekaan.

Berikut adalah teks Sumpah Generasi Bangsa. ‘Kami putera dan puteri generasi bangsa Indonesia mengaku, berwilayah yang satu Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kami putera dan puteri generasi bangsa Indonesia mengaku, berwarga negara yang satu warga negara Indonesia. Kami putera dan puteri generasi bangsa Indonesia menjunjung tinggi pemerintahan yang satu Pemerintah Republik Indonesia.’

“Kami juga membacakan teks sumpah pemuda Tahun 1928, mengingatkan sebagai spirit sejarah untuk perjuangan. Namun, sebagai penerus bangsa. Kita ingin menumbuhkan semangat baru untuk pemuda. Makanya kita tumbuhkan sumpah generasi bangsa,” ungkap Yudi Wibiksana sebagai pelaksana peringatan sumpah pemuda, di Das Kopi, Sabtu (28/10) malam.

Yudi mengungkapkan sumpah generasi bangsa, merupakan janji pemuda terhadap negeri.

“Janji tersebut diharapkan para pemuda mampu menjadi bagian yang terdepan dalam membangun negeri. Mereka harus menjadi bagian untuk terus berkarya yang baik dalam memberikan sesuatu yang bernilai atau tidak merugikan bagi masyarakat ,” katanya.

Menurut Yudi, krisis pemuda dinilainya tidak ada. Namun, krisis pembangunan karakter pemuda yang bernegara adalah yang harus lebih dibangun kembali.

“Yang kami lihat, krisis-krisis karakter yang bernegara ini begitu perlu dibangun. Jati diri dan cermin negara ini tergantung oleh bagaimana karakter pemuda sebagai warga negara dibangun. Kejujuran dan karya, optimis terhadap negara adalah kunci untuk membangunnya,” ucapnya.

Sumber: Media Indonesia

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *