Gerakan Bersama Aksi Bersih Lintas Komunitas Untuk Indonesia #BebasSampah2020

Pada tanggal 31 januari 2018 beberapa dari komunitas penggiat alam yang ada di Indonesia melakukan pertemuan untuk bersatu dalam upaya mewujudkan Indonesia Bersih dan #BebasSampah2020, kami Gerakan Bersama Aksi Bersih Lintas Komunitas bergiat kembali bersama para relawan Bersama Indonesia Bebas Sampah yang dikenal dengan BIBS, kembali akan menyelenggarakan rangkaian gerakan Nasional bertajuk PEduli SAmpah Nasional atau #PESAN2018 secara serempak pada tanggal 17 sampai dengan 25 februari 2018. Sebelum mencapai acara puncak di tanggal tersebut, ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan para relawan BIBS, salah satunya adalah memberikan edukasi seputar sampah pada adik-adik kita yang ada di “Rumah Senja”.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di pendopo RW 14 perumahan Jati Unggul itu berlangsung sangat meriah, terbukti dengan antusias adik-adik dari Rumah Senja sendiri ataupun dari para relawan BIBS yang hadir di sana dan para voulenteer tetap Rumah Senja yang berasal dari SMAN 4 KOTA BEKASI ada juga beberapa perwakilan dari sispala KOTA BEKASI tidak ketinggalan adalah Cekakpala selaku pengurus Rumah Senja. Pada kegiatan kali ini materi seputar sampah diisi oleh Kakak Ratdita Anggabumi pemerhati dan pegiat persampahan yang juga saat ini sebagai ketua dari Gerakan Bersama Aksi Bersih lintas komunitas. Materi yang di berikan ke adik-adik Rumah Senja antara lain pengenalan sampah, pemilahan sampah organik, anorganik dan sampah B3, juga bagaimana cara adik-adik meminimalisir sampah.

Rangkaian kegiatan sore tanggal 3 Februari 2018 itu dilanjutkan dengan games memilah sampah yang ada di sekitar pendopo RW 14. Suasana pada sore itu menjadi lebih meriah lagi ketika adik-adik dari Rumah Senja sangat antusias mencari sampah dengan berlarian kesana kemari. Sampah yang dibawa adik-adik lalu diarahkan ke trash bag yang sudah dibagi menjadi tempat sampah organik,anorganik dan B3. Pada sesi games ini kakak-kakak dari lintas komunitas, voulenteer dan Sispala KOTA BEKASI terlihat sangat kewalahan mendampingi antusias yang tinggi dari adik-adik Rumah Senja.

Kegiatan sore itu ditutup dengan materi mencuci tangan yang benar dilanjutkan dengan janji atau komitmen dari adik-adik Rumah Senja untuk mengurangi sampah dan Harapan dari relawan BIBS yang hadir pada saat itu adalah semoga misi dari kegiatan ini dapat tersampaikan dan diterapkan dengan baik di kehidupan sehari-hari para generasi penerus Indonesia yaitu mewujudkan generasi yang sadar akan sampah di lingkungan mereka demi mewujudkan mimpi kita bersama yaitu Indonesia Bebas Sampah 2020.

Sumber: CENTROPALA

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *