Asosiasi Pengusaha & Penggerak UMKM Gelar FGD “Humane Entrepreneurship for Better Indonesia”

Puluhan penggerak usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Sulsel terdiri dari unsur pelaku usaha, asosiasi pengusaha, komunitas, akademisi, pemerintah dan media menyemarakkan peringatan hari UMKM Internasional.

Diketahui, Hari UMKM Internasional jatuh setiap pada tanggal 27 Juni, namun karena bertepatan dengan gelaran Pilkada, sehingga peringatannya di Makassar dilaksanakan tanggal 28 Juni 2018, di KUMKM Center Sulsel, Jalan AP. Pettarani.

Kegiatan dengan tema “Humane Entrepreneurship for Better Indonesia” dikemas dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD), dipandu Dr. Nur bau Massepe selaku City Coordinator ICSB (International Council for Small Business).

“Dengan FGD ini diharapkan lahirnya pemikiran strategis terkait kebijakan pengembangan UMKM di daerah dan kolaborasi mulitpihak untuk memajukan UMKM di daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Malik Faisal sangat mengapresiasi acara FGD. Dikatakannya juga, pertumbuhan ekonomi Sulsel yang selalu di atas rata-rata nasional sebagai motor penggeraknya adalah UMKM.

“Saatnya UMKM Sulsel go global dan memanfaatkan teknologi digital. Dengan hari UMKM Internasional ini, akan memberi semangat bagi pelaku UMKM untuk lebih mengembangakan usahanya,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Koord PLUT Sulsel, Bahrul ulum mengatakan, pemberdayaan UMKM seluruh stakeholder harus terlibat dan terus bergandeng tangan.

Disamping itu, harus juga ada keinginan yang kuat dari pelaku UMKM agar bisa naik kelas melalui inovasi dan kreativitas dalam pengembangan usahanya.

“Perlu terus didorong Kerjasama multipihak atau pentahelix dari unsur pemerintah, asosiasi bisnis, komunitas, akademisi dan media yang berkolaborasi satu sama lain untuk saling melengkapi dan mempercepat pengembangan UMKM,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan itu antara lain ketua Apindo Makassar, Muammar Muhayyang, Perwakilan Mark Plus, Kikiy Marisa, ketua ABDSI Sulsel, Salman Sahmad, ketua AKUMANDIRI Sulsel, Bahtiar Baso, Koordinator POSKO UMKM, Budi sarjana, perwakilan BUMN, akademisi dan stakeholder UMKM lainnya.

Sumber: RAKYATKU

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *