Bandung Swimmer United, Komunitas Pecinta Renang dan Wadah Berbagai Ilmu

Setiap jenis olahraga tentunya memiliki manfaat yang baik, semua itu tergantung dari jenis olahraga yang akan dilakukan.

Termasuk juga olahraga renang yang sejak dulu banyak diminati oleh semua kalangan, termasuk kawula muda.

Seiring perkembangannya, berbagai komunitas renang banyak bermunculan di berbagai daerah di Indonesia.

Di Bandung sendiri, ada satu komunitas renang yang bernama Bandung Swimmer United yang baru dirintis sejak 18 april 2017.

Divisi Internal Bandung Swimmer United, Lisnawati Dewi, menuturkan, tujuanya dibentuknya komunitas tersebut sebagai wadahnya para penggemar olahraga renang yang berdomisili di Bandung.

Selain itu, sebagai jalinan silaturahmi antarkomunitas renang, untuk sharing bersama seputar olahraga renang dan menjadi tempat brainstorming.

“Terbentuknya komunitas ini berawal dari sesama anggota yang mempunyai hobi yang sama, yaitu berenang. Setiap kali kami berenang, ada keinginan untuk satu kolam bebarengan gitu, tidak sendiri, dan bisa saling sharing ilmu dasar berenang. Dari situlah terbentuklah komunitas Bandung Swimmer United,” ujar Lisna kepada Tribun Jabar.

Lisna mengaku, tercetusnya nama komunitas tersebut didasarkan dari hasil kesepakatan bersama oleh para perenang di Bandung, dengan melalui voting bersama-sama.

“Agar memiliki ikatan yang kuat, kami namakan Bandung Swimmer United yaitu semacam perkumpulan atau kesatuan pecinta olahraga renang di Bandung,” jelas Lisna.

Untuk tempat kumpul mereka, anggota Bandung Swimmer United kerap berkumpul di Panorama, Sabuga, serta di rumah salah satu anggota mereka.

Lisna menceritakan, kegiatan yang paling rutin dilakukan oleh Bandung Swimmer United adalah berenang bersama-sama tiap 1 kali seminggu, antara Sabtu atau minggu, di kolam yang telah di tentukan.

Sebelum melakukan kegiatan tersebut, biasanya mereka diskusikan terlebih dahulu untuk menentukan lokasi renangnya.

“Saat berenang bersama, kami juga melakukan kegiatan lainnya seperti sharing tentang ilmu berenang, mengajarkan anggota yang belum lancar atau belum bisa renang, hingga review hasil latihan setiap anggota,” kata Lisna.

Sedangkan teknik renang yang dilakukan, anggota Bandung Swimmer United melakukan semua gerakan, mulai dari teknik dasar, gaya dada, gaya bebas, gaya kupu kupu, teknik bernafas (buble ), hingga teknik lompat.

Khusus kegiatan lainnya, Bandung Swimmer United turut mengadakan kegiatan safari kolam renang yang ada di bandung tiap akhir pekan. Sambil jalan-jalan hobi pun tersalurkan.

Pada kegiatan eksternalnya, Bandung Swimmer United melakukan hubungan komunikasi dengan komunitas renang lainnya, seperti di daerah Jakarta dan Bekasi.

“Tidak hanya komunikasi saja, kami antar komunitas renang juga melakukan kopdar gabungan di Kota Bandung, maupun mengunjungi mereka ke luar kota. Bahkan kami pernah mengadakan kompetisi renang yang dibuat oleh antar komunitas renang tersebut,” ujar Lisna.

Walaupun masih seumur jagung, Komunitas Bandung Swimmer United telah memilki anggota aktif sebanyak 30 orang. Masing-masingnya ada yang berasal dari Cibiru, Ujungberung, Cimahi, Antapani, Cikutra, Dago, Kopo, dan lainnya.

Bagi anggota baru yang ingin bergabung, bisa langsung hubungi mereka di akun Instagram @bdgswimmerutd, atau chat admin di contact yg tertera, gratis tanpa ada pungutan biaya. (*)

 

Sumber Tribun Jabar

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *