Metode Konmari Untuk Kamu yang Enggan Beres-beres

Mungkin sebagian dari kalian sudah ada yang pernah mendengar tentang Konmari Method atau Metode Konmari sebelumnya. Metode ini adalah metode beres-beres yang dibuat oleh Marie Kondo -seorang konsultan kerapian di Jepang-  yang ia tuangkan dalam bukunya yang berjudul “The Life-Changing Magic of Tidying Up”. Buku ini menceritakan tentang betapa magisnya seni beres-beres. Jika kita terapkan dengan baik dan benar, maka saat melalui proses tersebut, perubahan pasti akan kita dapatkan. Lalu, seperti apa sih seni bersih-bersih ala Konmari Method itu?

Bersihkan dalam Sekali Waktu

Kondo menuliskan bahwa membersihkan seluruh ruangan sekaligus dalam satu hari lebih baik daripada membersihkan sedikit demi sedikit dalam beberapa hari. Hal ini dapat mengubah cara berpikirmu akan sekitar. Mulailah dengan penyeleksian barang-barang milikmu. Selanjutnya, kamu bisa merapikan kembali barang-barang yang telah terseleksi tersebut ke tempat asalnya. Semua ini harus dilakukan sekali waktu dan tanpa ada penundaan.

Bersihkan Berdasarkan Kategori

Jangan membersihkan berdasarkan tempat, tapi bersihkan berdasarkan kategori. Sebut saja kamu ingin bersih-bersih hari ini. Mulailah dengan kategori seperti pakaian, buku, barang kenangan, atau hal lainya. Bukan dengan tempat, seperti kamar tidur maupun dapur. Cara ini akan lebih mudah dan tidak membiarkanmu terlewat oleh satu barang pun. Setelah kamu memutuskan kategori mana yang kamu pilih, maka keluarkan semua barang tersebut dan letakan pada satu tempat luas -misalnya lantai- untuk mempermudah kamu dalam menyeleksi.

Hanya Simpan Barang yang Memancarkan Kebahagiaan

Dalam hal ini, kamu harus tanyakan pada diri sendiri, apakah sesuatu yang kamu miliki ini benar-benar membawa kebahagiaan atau tidak untukmu. Saat kamu sedang menyeleksi barang milikmu, cobalah untuk menanyakan pada dirimu sendiri dan merasakan, apakah kamu merasa bahagia saat menyentuhnya? Jika ya, maka simpanlah barang tersebut. kalau tidak, maka kamu harus merelakanya pergi.

“Tidak peduli betapa indahnya suatu hal, kita tidak bisa hidup di masa lalu. Suka cita dan kebahagiaan yang kita rasakan saat ini adalah yang terpenting”.  

Kutipan di atas menjadi dasar bahwa kamu harus berdamai dengan barang-barang yang memiliki memori tersendiri di dalamnya. Jika barang kenangan tersebut nyatanya tidak memberikan kebahagiaan untukmu, lalu untuk apa masih kamu simpan? Kamu tidak perlu merasa bersalah karena telah merelakan barang itu pergi. Karena, kamu sudah menyimpan kenangan tersebut saat pertama kali menerima barang itu. Jangan merasa terbebani ya!

Jangan Gantung Semua, tapi Lipatlah

Ciri khas dalam Metode Konmari adalah seni melipat pakaian yang sangat khas. Pakaian tersebut dilipat agar bisa ‘berdiri’ daripada diletakkan datar. Dengan posisi ini, kamu dapat melihat seluruh pakaian yang ada di lemarimu tanpa melewatkan yang lainya. Kenapa harus dilipat? Karena, tidak semua pakaian akan cocok dan tepat untuk digantung, seperti jaket, gaun, dan yang lainya. Kondo berpesan untuk menggantung pakaian yang memang akan ‘merasa bahagia’ jika digantung.

Itulah beberapa pelajaran yang ada dalam Metode Konmari. Kamu bisa menerapkanya dengan perlahan dan mulai merubah cara pandangmu akan cara konvensional yang mungkin biasa kamu lakukan. Jadi, berani coba?

 

Penulis : Ririn N H

Foto :pinterest

Sumber tulisan : idntimes

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *