Bedah Kampus Universitas Indonesia 18 : Membangun Persepsi dan Menginspirasi

Bedah Kampus Universitas Indonesia pada tahun ini telah masuk di tahun pelaksanaan yang ke-18. Pada tahun ini, BKUI18 membawa tema “Persepsi”. Tema ini diangkat karena banyaknya persepsi masyarakat mengenai perguruan tinggi pada umumnya dan Universitas Indonesia pada khususnya yang dianggap hanya untuk kalangan tertentu saja. Hal ini memiliki maksud untuk membuka pemikiran masyarakat mengenai persepsi UI yang dianggap hanya untuk kalangan tertentu dan diharapkan mulai terbangunnya persepsi positif melalui informasi yang disampaikan di BKUI18

Bedah Kampus Universitas Indonesia 18 telah berhasil diselenggarakan dengan sukses. Acara puncak BKUI18 ini diadakan pada tanggal 17 dan 18 November 2018. Terdapat 3 mata acara inti pada BKUI18, pertama adalah Bedah Universitas yang merupakan talkshow inspiratif yang dibawakan oleh alumni maupun mahasiswa UI yang menjadi public figure. Selanjutnya adalah Bedah Fakultas yang memberikan fasilitas bagi peserta untuk mengunjungi fakultas yang mereka inginkan, serta Bedah Jurusan yang menyediakan 64 stand jurusan yang ada UI.

Acara talkshow pada hari pertama terdiri dari 2 sesi. Pada sesi 1, terdapat talkshow yang diberikan oleh Jessica Anastasya, Ezra Mandira, dan Najwa Shihab. Monolog Najwa Shihab membawakan materi tentang “Masa Depan” dan talkshow antara Jessica Anastasya dan Ezra Mandira membawakan topik tentang “Perjuangan dan Passion”. Najwa Shihab merupakan alumni Universitas Indonesia Fakultas Hukum yang meraih beasiswa Australia University Awards Faculty of Law, Melbourne University pada tahun 2008. Nana (panggilan beliau) adalah pribadi yang kritis bukan hanya karena alumni Mahasiswi Fakultas Hukum, melainkan karena ketekunan beliau dalam membaca. Beliau menekankan bahwa kunci menjadi Pemuda Indonesia yang kritis hanyalah satu hal, yaitu selalu membaca.

Berlanjut ke sesi 2, BKUI18 mengundang Rachel Amanda, Dzulfikar Cordova, serta Alika Islamadina. Monolog Rachel Amanda membawakan materi tentang “Passion”. Sementara itu, talkshow yang dibawakan oleh Dzulfikar Cordova dan Alika Islamadina membawakan tema mengenai “Perjuangan dan Keinginan”. Alika adalah alumni Universitas Indonesia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen. Meskipun telah menjadi aktris dan penyanyi terkenal, Alika masih ingin merasakan bangku kuliah. Hal ini karena Alika tahu bahwa profesi menjadi public figure tidaklah pasti. Alika berkata bahwa kunci untuk dapat membagi waktu dengan baik di tengah kesibukan untuk belajar dan kesibukan menjadi aktris adalah menentukan skala prioritas. Dengan memegang teguh hal tersebut dan niat yang kuat, Alika bukan hanya menjadi aktris dan penyanyi terkenal, tetapi juga pribadi yang memiliki intelektual.

Selain Alika, ada pula Dzulfikar Cordova yang ikut membagikan kisah perjuangannya hingga bisa masuk ke Universitas Indonesia. Dodo merupakan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Latar belakang Dodo (panggilan beliau) mungkin cukup menarik untuk dibahas bagi setiap remaja. Sebelum merasakan bangku kuliah, Dodo hidup di jalanan dan mencari nafkah dengan menjadi pengamen hampir di 100 kota dari pulau Jawa. Singkat cerita, beliau berkesempatan menjadi murid di Sekolah Masjid Terminal dan termotivasi untuk dapat berkuliah di Universitas Indonesia. Dengan ambisi dan niat yang kuat, serta menjaga kesehatan jasmani dan rohani, Dodo berhasil lolos di kampus perjuangan, Universitas Indonesia. “Titik awalmu mungkin berbeda, tapi tidak dengan titik akhirmu”

Selain terdapat kegiatan Bedah Univeritas, terdapat pula kegiatan Bedah Fakultas di mana para peserta BKUI18 melihat dan mengunjungi setiap Fakultas di Universitas Indonesia menggunakan Bis Kuning (Bikun). Tidak hanya melihat-lihat, para peserta dipersilahkan untuk turun ke setiap fakultas dan diberi informasi oleh tour guide dari mahasiswa fakultas tersebut seputar fakultas yang mereka kunjungi. Contohnya adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, di mana para peserta diajak berkeliling dan diberitahu setiap hal menarik di sana, seperti lulusannya yang sering disebut sebagai “Arsitek Ekonomi Bangsa” karena banyak sekali alumni FEB UI yang menjadi tokoh besar, seperti Ibu Sri Mulyani dan Bapak Bambang Brodjonegoro.

Selain mendengarkan talkshow dan berkunjung ke setiap fakultas di UI, peserta juga dapat memperdalam pemahaman dan informasi mengenai jurusan yang mereka minati pada sesi Bedah Jurusan. Pada sesi ini, peserta dapat mengunjungi 64 stand jurusan yang berada di UI dan mendapatkan informasi mengenai jurusan tersebut secara langsung dari mahasiswa perwakilan dari jurusan tersebut.

Dibuat oleh : Tim Rekan Media Bedah Kampus Universitas Indonesia 18

Narahubung : Eka Fasikha (083823931836)

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *