Kreatif, Begini Cara Komunitas Rumah Plankton Galang Dana Sosial

Dalam menyambut hari jadinya yang ke-2, Komunitas remaja kreatif Rumah Plankton menggelar sejumlah kegiatan, Sabtu(15/12).

Salah satunya, Garage Sale yang dijajakan di kawasan Pojok Baca, Taman Merdeka, Pangandaran

Ketua Panitia HUT ke-2 Rumah Plankton, Dhita Charvina mengatakan, kegiatan Garage Sale merupakan salah satu cara kreatif komunitasnya untuk menggalan dana secara mandiri.

“Menyumbang barang-barang itu kan lebih mudah daripada kita menghimpun uang. Setiap orang pasti punya barang yang sudah jarang dipakai. Nah kan bisa disumbangkan,” ujarnya.

Dikatakannya, barang bekas yang dijual merupakan barang-barang yang masih berkualitas, namun dipastikan dijual dengan harga yang sangat murah.

Diantaranya, baju, tas, kerudung, sepatu dan lainnya.

Hasil penjualan sepenuhnya akan digunakan untuk kegiatan sosial lainnya yang menjadi rangkaian kegiatan HUT ke-2 Rumah Plankton.

“Total barang donasi yang diterima lebih dari 150 item. Kita jual dengan kisaran Rp 5 ribu hingga Rp 25 ribu,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga menerima penitipan barang untuk turut dijual.

“Nanti keuntungannya disisihkan untuk kegiatan organisasi kita,” ujarnya.

Kegiatan tersebut, tambah dia, direncanakan untuk digelar setiap akhir pekan sampai puncak perayaan HUT ke 2 Rumah Plankton, 24 Desember 2018.

Rumah Plankton sendiri, ungkap Dhita, merupakan sekumpulan remaja Pangandaran yang peduli terhadap kegiatan-kegiatan positif.

“Kita adalah komunitas yang menghimpun anak-anak muda dari berbagai latar belakang dan hobi. Yang penting kegiatan kita positif. Selama ini kegiatan kita yaitu mengelola taman baca, menggelar diskusi dengan isu-isu terkini dan mengadakan pelatihan, seperti menulis, mendongeng, melukis, fotografi dan kegiy positif lainnya,” pungkas Dhita.

 

Sumber :Radar Tasikmalaya

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *