Jangan Panik Hadapi Deadline

Sahabat Puan pernah merasakan bagaimana paniknya ketika dikejar deadline? Biasanya, deadline sangat akrab bagi Anda yang bekerja sebagai penulis, jurnalis, akuntan, editor, dan jasa periklanan. Rasa cemas, takut, tidak bersemangat, campur-baur jadi satu. Nah, ketika mengalami kondisi seperti ini apa yang harus Anda lakukan? Simak beberapa tips berikut agar bisa menghadapi deadline dengan tenang.

Jangan panik

Langkah pertama saat menghadapi deadline adalah jangan merasa panik. Panik tidak akan membantu Anda menyelesaikan pekerjaan, malah persoalan yang ada akan terlihat semakin rumit. Berusahalah agar tetap santai saat menyelesaikan pekerjaan yang telah di ujung tenggat tersebut.

Skala prioritas

Agar bisa menghadapi deadline dengan baik, usahakan memulai dengan menyelesaikan pekerjaan yang lebih penting. Biasakan menggunakan skala prioritas. Utamakan menyelesaikan pekerjaan yang memang harus segera diselesaikan. Sehingga, Anda tidak terjebak menyelesaikan pekerjaan yang belum begitu mendesak, sementara pekerjaan yang lebih prioritas malah terabaikan.

Fokus

Langkah berikutnya Anda harus tetap fokus. Meski tahu deadline sudah di depan mata, tapi Anda harus tetap fokus pada pekerjaan saja. Jangan memikirkan sesuatu hal yang malah bikin semangat dan kinerja Anda semakin buruk. Fokuskan pikiran dan aktivitas Anda pada pekerjaan yang sedang diselesaikan. Mulailah pekerjaan Anda dari awal dan berhenti jika telah selesai.

Kerja cepat

Selain harus fokus, Anda juga dituntut bisa bekerja dengan cepat. Anda harus bekerja secepat mungkin agar bisa menggarap pekerjaan berikutnya yang sudah menanti. Jangan sia-siakan waktumu yang sangat berharga hanya untuk melakukan hal yang sia-sia.

Jauhi godaan medsos

Ketika sedang suntuk dikejar deadline, sering kali muncul godaan-godaan yang akan merugikan Anda sendiri. Salah satu yang patut dihindari saat menyelesaikan deadline adalah godaan menggunakan media sosial (medsos). Supaya tetap fokus, untuk sementara lupakan dulu akun facebook, instagram, twitter, atau pun WA. Toh, Anda akan bisa menggunakan akun tersebut lagi begitu deadline pekerjaan telah teratasi.

Manjakan dirimu

Anda harus bisa menghargai diri sendiri. Jangan pernah menjadikan diri Anda seperti robot. Jadi, setelah menyelesaikan semua pekerjaan yang menumpuk, sempatkan diri untuk rehat sejenak. Manjakanlah diri Anda dengan membuat suasana senyaman mungkin. Dengarkan musik, nikmati makanan dan minuman kesukaan, atau luangkan waktu untuk jalan-jalan. Begitu pikiran sudah segar, berarti Anda sudah siap untuk bekerja kembali.

 

Sumber : Komunitas Perbincangan Perempuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *