Pustaka Sarwaga : Gerobak Jendela Dunia

Pustaka Sarwaga merupakan perpustakaan yang hadir di mana saja. Kami bisa hadir berupa gerobak, rak, dll. Komunitas kami aktif untuk terus menghadirkan pustaka bagi masyarakat demi memajukan cara berfikir dan ilmu pengetahuan.

Komunitas ini memiliki visi sebagai Pusat Literasi dalam rangka mewujudkan Masyarakat yang edukatif, kreatif dan inovatif

Dengan misi menyediakan akses buku dan literature lainnya sebagai salah satu sarana belajar literasi bagi masyarakat pada umumnya, dan anak-anak pada khususnya. Berkoordinasi dengan komunitas dan masyarakat untuk mewujudkan kegiatan membaca dan menulis sebagai kegiatan yang populer dan menyenangkan. Menjadi wadah belajar dengan membaca dan menulis bagi anak-anak sehingga tercipta generasi penerus yang memiliki minat tinggi pada literasi.

Pustaka Sarwaga memiliki tujuan untuk mempermudah akses masyarakat pada buku yang bermutu, mengembangkan kemandirian untuk meningkatkan minat baca di lingkungan masyarakat setempat, mendorong masyarakat membentuk dan mengembangkan taman belajar mandiri di lingkungan masing-masing.

Pada tanggal 9 September 2018, Pustaka Sarwaga resmi mendirikan gerobak buku pertama di Jepara, tepatnya di kawasan Ujung Batu. Bersama Perpustakaan Anak Nelayan Masyarakat Ujungbatu disingkat PERANMU, hadir untuk meningkatkan minat baca masyarakat setempat.

Ujungbatu sendiri adalah salah satu pelabuhan di Kabupaten Jepara yang digemari pemancing lokal dan menjadi ladang rezeki bagi para Nelayan setiap harinya.  Selama ini, minimnya fasilitas literasi dan ruang bermain berdampak pada kesadaran orangtua untuk peningkatan kualitas pendidikan anaknya. Rata-rata, anak-anak di sini berhenti sekolah di tingkat SMP, dan selanjutnya bekerja menjadi nelayan

Di Ujungbatu terdapat sebuah rusunawa, disinilah acara pembukaan Peranmu beserta Pustaka Sarwaga. Berbagai acara dihadirkan untuk menarik antusias masyarakat agar hadir untuk mengajak masyarakat bermain dan membaca, untuk meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya anak-anak.

Perpustakaan keliling ini buka setiap hari minggu, berpindah-pindah di kawasan sekitar Ujungbatu, untuk mengajak masyarakat agar meningkatkan minat baca, khususnya anak-anak.

Perpustakaan ini membuka kesempatan bagi siapa saja yang berminat untuk berpartisipasi, baik berupa donasi buku, atau ikut meramaikan acara, bisa menghubungi ketua Peranmu, mas Suyuti

 

Sumber : Pustaka Sarwaga

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *