Bibir Anda Hitam dan Kurang Menarik? Berikut Cara Mengatasinya!

Memiliki bibir merah alami tanpa lispstik tentunya menjadi idaman bagi banyak orang, terutama kaum hawa. Salah satu penyebab kusamnya bibir sehingga berwarna kehitam-hitaman, yakni karena kebiasaan merokok, dehidrasi, dan jarang membersihkan lipstik di bibir yang masih menempel setelah selesai beraktivitas. Untuk mendapatkan bibir yang merah dan cerah, tak sedikit pula wanita yang melakukan perawatan instan, padahal perawatan instan belum tentu baik bagi kesehatan. Perawatan bibir secara alami akan menghindarkan kita dari bahaya obat-obatan kimia dan pengaruh buruk kosmetik yang biasanya digunakan dalam perawatan instan. Berikut tips-tips alami yang bisa Anda coba untuk memerahkan dan mencerahkan bibir secara permanen.

  1. Mentimun

Kandungan vitamin C, vitamin E, dan antioksidan pada mentimun berfungsi menjaga kesehatan bibir. Mentimun mampu menghilangkan sel kulit mati pada bibir sehingga warna merah merona akan kembali. Caranya mudah, parut mentimun (tanpa dikupas) setelah dicuci, balurkan parutan mentimun sebagai masker bibir, dan diamkan selama tiga puluh menit. Bilaslah dengan air dingin. 

  1. Susu

Kandungan lemak yang tinggi pada susu sangat membantu kelembapan alami bibir. Bibir yang lembap menyebabkan pengelupasan epidermis bibir sehingga warna kusam dan hitam akan pudar dan bibir akan kembali memerah. Caranya mudah, gunakan susu full cream campurkan dengan minyak kelapa atau susu kental manis putih. Aduk rata dan tempelkan di permukaan bibir dan diamkan selama lima belas menit. Bilaslah menggunakan air hangat. 

  1. Alpukat

Kandungan alpukat ternyata dapat mengganti sel-sel kulit mati dan mengembalikan warna merah pada bibir. Caranya sederhana, ambil daging alpukat dan campurkan dengan minyak kelapa, aduk rata, dan gunakan sebagai masker setiap pagi.

  1. Jeruk Nipis

Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis mampu memerahkan bibir secara alami. Caranya mudah, potong jeruk nipis menjadi dua bagian, tempelkan dan oleskan ke bibir dengan gerakan memutar sambil dipijat. Lakukan setiap pagi.

  1. Madu Murni

Madu memiliki banyak nutrisi dan manfaat untuk bibir, salah satunya untuk melembapkan dan mengembalikan warna cerah pada bibir.  Caranya sederhana, campur satu sendok makan madu murni dan satu sendok teh gula pasir, aduk rata sampai menjadi pasta. Pakailah pasta tersebut sebagai masker dan diamkan selama lima belas menit lalu bilas hingga bersih. Gunakan sebagai masker dua kali sehari.

  1. Minyak Zaitun

Tak bisa dimungkiri bahwa minyak zaitun memiliki banyak manfaat di dunia kecantikan. Minyak ini memiliki banyak nutrisi yang mampu menyehatkan kulit termasuk mengembalikan warna bibir secara alami dan permanen. Caranya, oleskan minyak zaitun ke permukaan bibir sebelum tidur. Gunakan secara rutin.

  1. Minyak Kelapa

Selain sebagai campuran pada masker bibir, minyak kelapa pun bisa dioleskan secara langsung ke bibir tanpa campuran apa pun. Minyak kelapa mengandung bahan-bahan aktif untuk meregenerasi kulit, membuka sel kulit mati, dan mengembalikan warna merah bibir. Caranya mudah, cukup oleskan pada bibir dan diamkan selama lima belas menit, setelah itu bilaslah dengan air hangat. Lakukan rutin setiap hari untuk mencapai hasil maksimal.

  1. Scrub Mentega

Kandungan lemak tinggi pada mentega selain mampu mencerahkan warna bibir, juga mampu melembapkan bibir yang kering dan pecah-pecah. Caranya campur satu sendok makan mentega dan satu sendok teh gula pasir, aduk rata sampai menjadi pasta. Gunakan sebagai masker dan diamkan selama lima belas menit lalu bilas hingga bersih. Gunakan sebagai masker dua kali sehari. 

  1. Buah Delima

Kandungan flavonoid dan juga vitamin dalam buah delima dapat membuat kulit kembali muda serta membantu proses regenerasi sel kulit di bibir. Caranya mudah, tumbuk halus biji buah delima dan campurkan dengan madu murni. Gunakan sebagai masker pada bibir selama seminggu dan Anda akan melihat keajaibannya, yaitu bibir semakin merah cerah, kencang, dan lembap alami.

  1. Daun Mint

Bahan aktif mentol yang terkandung dalam daun mint akan merangsang menghilangkan pigment hitam yang menyebabkan bibir kusam dan pucat. Caranya cukup mudah, yakni haluskan segenggam daun mint yang berwarna hijau tua, tambahkan minyak kelapa atau mintak zaitun. Setelah itu aduklah hingga menyerupai pasta. Oleskan pasta daun mint ke seluruh permukaan bibir setiap pagi dan diamkan selama lima belas menit. Bilaslah menggunakan air dingin dan gunakan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

 

Penulis : Rini Febriani Hauri

Sumber : Perbincangan Perempuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *