Komunitas 1000 Guru Kalbar Gelar Kegiatan Smart Center 2019

Komunitas 1.000 Guru Kalbar mengadakan sebuah program Smart Center 2019 untuk sekolah-sekolah yang ada di pedesaan, Rabu (27/3/2019).

Kegiatan yang mereka lakukan merupakan agenda besar, yang dituju ke sebuah sekolah, MIS Nurul Mukhlisin yang beralamat di Desa Puguk, Kecamatan Sungai Ambang, Kabupaten Kubu Raya.

Program Smart Center merupakan sebuah program pemberian nutrisi untuk siswa-siswi ke Sekolah Dasar, berupa sarapan pagi yang bergizi. Program ini adalah hasil kerjasama 1000 Guru Fondation dengan KFC secara serentak di Seluruh Indonesia.

Project Manager, Madian Adi Putra mengatakan antusias 1.000 guru ini sangat luar biasa.

“Mereka berangkat menggunakan sepeda motor. Ada yang berboncengan, ada yang membawa motornya masing-masing. Total peserta dalam perjalanan menuju desa Puguk berjumlah 21 orang,” ujarnya.

Kata Madian, ada beberapa alasan mengapa Sekolah MIS Nurul Mukhlisin menjadi target penyaluran program ini, di antaranya karena akses dari kota Pontianak menuju ke sekolah ini dirasanya cukup dekat, sehingga memudahkan anggota lain ikut berpartisipasi, mengingat kesibukan masing-masing anggotanya yang cukup padat. “Jadi kita bisa akses lewat darat dan tak perlu nginap,” jelasnya.

Yang kedua, meskipun jaraknya tidak jauh dari pusat kota namun sayangnya kondisi sekolah itu bisa dibilang cukup memprihatinkan. Beberapa dinding bangunan sudah berlubang. Begitu juga atap-atapnya.

Ditambah lagi kondisi ekonomi masyarakat sekitar sana masih didominasi buruh dan penoreh karet. Tentu untuk mencukupi kebutuhan sarapan pagi yang bernutrisi untuk anak-anak mereka menjadi perihal tugas yang berat bagi mereka.

“Jika dari kota Pontianak, terhitung oleh saya sekitar 80 kilometer. Butuh waktu kurang lebih satu jam an jika menggunakan sepeda motor,” tambahnya.

Madian mengatakan dirinya sangat bersyukur karena komunitasnya dipercaya kembali oleh 1000 Guru Fondation untuk mengelola Smart Center di tahun 2019. Ini merupakan program kedua setelah, tahun lalu pada kegiatan yang sama sekolah MIS Nurul Hikmah, Sungai Ambawang menjadi sasaran.

“Harapan kami, dengan adanya program ini bisa adik-adik lebih semangat lagi belajarnya dan rajin datang ke sekolahnya” imbuhnya.

Dengan program ini, kata Madian siswa-siswi akan diberikan sarapan pagi tiga kali dalam seminggu. Anggarannya Rp3 sampai Rp4 juta namun disalurkan sudah dalam bentuk bahan makanan sarapan. Sesuai dengan program smart Center yang berlaku selama enam bulan. “Tapi setiap tiga bulan kita evaluasi,” tuturnya.

Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: madrosid
Artikel ini disadur dari  Tribun Pontianak.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *