HOW TO TURN YOUR HOBBY INTO A SUCCESSFUL BUSINESS BERSAMA AULIA HALIMATUSSADIAH

Setiap orang pasti memiliki hobi yang berbeda-beda, seperti menulis, membaca, melukis atau berolahraga. Hobi sendiri merupakan kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. Namun ternyata selain menjadi kegiatan yang dapat membuat perasaan menjadi lebih tenang, hobi juga dapat menghasilkan pundi-pundi uang. Penasaran bagaimana caranya?

Semua akan dijawab oleh narasumber yang sangat keren, yaitu CMO & Co-Founder Stroial.co, Aulia Halimatussadiah dalam acara Center Stage dengan tema “How to Turn Your Hobby Into a Successful Business” bersama Arena.id yang diadakan pada Jumat, 13 September 2019. Biasa dipanggil Kak Lia ini merupakan seorang penulis yang telah menghasilkan 30 buku yang juga merupakan sosok yang berpengaruh dalam membentuk industri penulisan dan penerbitan di Indonesia. Melalui NulisBuku.com (online self-publishing platform) Kak Lia berhasilkan menelurkan 150.000 penulis. Pada tahun 2017 Kak Lia terpilih menjadi sebagai salah satu Linkedln Power Profiles 2017 dan di tahun 20019 dianugerahi penghargaan oleh Asia Marketing Federation sebagai Woman Marketeer of The Year at Asia YWN Marketing Award 2019.

Dari awal, Kak Lia memiliki ketertarikan akan dunia menulis. Sejak SMA Kak Lia sudah menulis beberapa cerita atau cerpen dan dikirimkan ke beberapa media cetak, namun tulisannya tidak pernah diterbitkan. Lalu setelah Kak Lia menyelesaikan kuliahnya, Kak Lia memiliki kesempatan mendapatkan beasiswa untuk belajar menulis (creative writing) dari Jakarta School, dan setelah menyelesaikan belajarnya selama tiga bulan, tulisan Kak Lia disukai oleh Gagas Media, penerbit, dan tulisan tersebut menjadi novel pertama yang berhasil diterbikan oleh Kak Lia.

Karena novel pertamanya yang terbit menjadi best seller, Kak Lia memutuskan untuk selalu belajar menulis dengan berbagai genre, mulai dari novel, bisnis, komputer, perjalanan hidup dan biografi.

Menurut Kak Lia sendiri untuk dapat mengidentifikasi hobi agar dapat menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan adalah test secara langsung apakah hobi kalian mendapatkan perhatian dari banyak orang. Mulai mencari permasalahan yang ada disekitar yang berkaitan dengan hobi lalu memecahkannya. Selain itu juga mengidentifikasi apa yang dibutuhkan oleh pasar dan terus mencoba. Jangan takut untuk gagal karena tidak ada orang yang tidak pernah gagal.

Tips dari Kak Lia bagi pemula yang memiliki hobi menulis dan ingin menjadi seorang penulis adalah setidaknya membaca satu buku satu hari, mengikuti banyak kelas online dan offline serta belajar dari beberapa mentor baik yang dikenal maupun yang tidak dikenal.

Sesi selanjutnya adalah sesi tanya jawab dari Participating Organizer yang terdiri dari BEM FT Universitas Lambung Mangkurat, BEM KBM Universitas Bengkulu, BEM KM Universitas Dian Nuswantoro, BEM KM Universitas Mulawarman serta BEM Politeknik Negeri Medan.

Sebelum ditutup, Kak Lia memberikan beberapa saran bagi pemula yang sedang ingin mengembangkan bisnis dan mencari hobi yang benar-benar sesuai dengan passionnya adalah banyak-banyaklah berkumpul dengan teman / komunitas / teman-teman yang ingin berkarya dan mengajak untuk berkolaborasi, perbanyak melakukan apa yang disukai, jangan terlalu memikirkan kegagalan jika ingin memulai sebuah bisnis karena kesempatan pasti akan datang, dan ketika datang, ambil dan cobalah.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *