HUT Ke 10 Komunitas Darah Segar Pontianak, Kokohkan Kepedulian Sesama

Komunitas Darah Segar Pontianak merupakan kumpulan atau wadah orang-orang yang bersedia (ikhlas dan siap) atau mau mengajak orang lain mendonorkan darahnya kepada masyarakat yang membutuhkan.

Komunitas Darah Segar Pontianak ini sangat membantu pemerintah dalam menyediakan darah segar bagi masyarakat Kalimantan Barat.

Gubernur Kalbar melalui Assistant II Pemprov Kalbar, Syarif Kamaruzzaman menghadiri Bakti Sosial Donor Darah dalam rangka memperingati Hari Jadi Komunitas Darah Segar Pontianak Ke 10 Tahun 2019, di Kantor PMI Kota Pontianak, Minggu (27/10)

Hal ini menunjukan adanya tekad kebersamaan dalam upaya meningkatkan peran dan fungsi Komunitas Darah Segar Pontianak yang lebih baik bagi kepentingan masyarakat Kalbar pada masa yang akan datang.

Dalam kurun waktu 10 Tahun, Komunitas Darah Segar Pontianak telah berperan aktif melakukan respon kemanusiaan dalam berbagai kejadian yang melanda masyarakat.

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat akan terus mendukung Komunitas Darah Segar Pontianak sebagai Komunitas yang tetap menjaga kemandirian, serta mengkokohkan berbagai kegiatan kemanusiaan sebagai wujud kepedulian terhadap sesama,” ujar Kamaruzzaman.

Ia pun menaruh perhatian yang besar, di karenakan donor darah merupakan kebajikan yang luhur nilainya bagi sesama manusia dan kemanusiaan.

“Saya katakan demikian sebab darah yang disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan diberikan dengan tulus ikhlas, tanpa membeda-bedakan keyakinan politik atau partai, warna kulit, tingkat pendidikan, tingkat sosial, agama dan perbedaan-perbedaan yang lainnya. Tujuan pendonor darah hanya satu, yaitu menyelamatkan jiwa orang lain. Ini barangkali merupakan manifestasi yang paling nyata dari rasa kemanusiaan yang semurni-murninya,” jelasnya.

Menurutnya, masyarakat harus lebih meningkatkan pemahaman kepada seluruh elemen masyarakat tentang nilai-nilai kemanusiaan, prinsip-prinsip dasar Gerakan Komunitas Darah Segar Pontianak serta hukum Perikemanusiaan Internasional melalui upaya komunikasi, edukasi, dan diseminasi.

Hal ini harus dilakukan dengan sungguh-sungguh karena di wilayah Provinsi Kalimantan Barat masih ditemui masyarakat yang membutuhkan bantuan donor darah di media sosial dengan alasan tidak tersedianya stok darah di PMI, menunjukan bahwa adanya tidak keseimbangan antara pendonor dan penerima donor.

“Oleh karena itu saya berpesan kepada pengurus Komunitas Darah Segar Pontianak untuk lebih meningkatkan edukasi kepada seluruh elemen masyarakat tentang manfaat dan pentingnya melakukan donor darah serta meningkatkan pelayanan darah yang memadai, aman, berkualitas kepada masyarakat diseluruh wilayah Provinsi Kalbar,” paparnya.

Masyarakat juga perlu mengetahui bahwa kegiatan Komunitas Darah Segar Pontianak tidak hanya terbatas pada pelayanan darah dan penanganan bencana alam saja, untuk itu disarankan agar Komunitas Darah Segar Pontianak membangun komunikasi yang efektif dengan seluruh komponen masyarakat.

“Melalui kegiatan donor darah ini, saya mengharapkan adanya semangat dan kesadaran dalam diri kita masing-masing akan pentingnya persaudaraan dan saling tolong-menolong antar sesama manusia. Semoga melalui kegiatan ini, kita menjadi semakin peka dan semakin peduli akan penderitaan sesama yang membutuhkan,” tuturnya.

Ia menambahkan sebagai pengaruh kemajuan-kemajuan yang dicapai dalam membangun bangsa ini tentunya membawa perbaikan taraf hidup masyarakat, meningkatnya pendapatan, meningkatnya kesejahteraan, dan meningkatnya kesehatan masyarakat.

Dengan terjadinya peningkatan-peningkatan dan bahwa kondisi masyarakat kita semakin baik, semakin sehat dan pasti mereka juga bersedia untuk berbagi dengan orang lain.

“Di masa datang, sejalan dengan terus meningkatnya jumlah donor darah ini, Insya Allah semakin banyak pula jumlah manusia yang dapat diselamatkan dari kematian dan penderitaan,” tegasnya.

Setetes darah yang didonorkan oleh masyarakat, sering kali menyelamatkan jiwa seseorang.

“Harapan saya, semoga kegiatan ini dapat terus digalakkan di berbagai kegiatan dan kesempatan, tidak hanya terbatas pada Hari Jadi Komunitas Darah Segar Pontianak. Jadikanlah sebagai manifestasi kepedulian dan solidaritas tinggi Komunitas Darah Segar Pontianak untuk menolong sesama yang membutuhkan,” pungkasnya.

Penulis: Anggita Putri
Editor: Didit Widodo
Artikel ini telah tayang di Tribun Pontianak

 

 

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *