TIPS BERPETUALANG OFFROAD YANG AMAN

Bermain offroad bagi sebagian orang mampu memberikan kesenangan, terlebih bagi mereka pecinta mobil SUV penggerak empat roda. Namun, dalam bermain offroad ini perlu memperhatikan beberapa hal karena untuk melakukan petualangan ini sangat beresiko.
Dan beberapa hal penting berikut ini yang wajib untuk diperhatikan demi faktor keselamatan sekaligus menikmati petualangan.

1. PAHAMI MEDAN YANG AKAN DILEWATI

Hal ini penting untuk dipahami terlebih dahulu agar seseorang bisa memilih kegiatan offroad sesuai dengan kemampuan dan jenis kebutuhan yang dibutuhkan. Sedangkan kegiatan offroad sendiri terbagi menjadi beberapa jenis pilihan, seperti fun offroad, extreme offroad, speed offroad, adventure offroad dan touring offroad.

2. MENGUASAI TEKNIK OFFROAD

Ada beberapa teknik yang perlu diketahui, seperti menggunakan kecepatan yang rendah saat menghadapi medan tanjakan atau turunan. Semakin pelan mengemudi, akan semakin mudah. Kemudian, tetap rileks dan jangan panik, tarik nafas dalam-dalam dan pikirkan trik untuk lolos dari rintangan.

Sebagai contoh, saat akan menyeberangi sebuah lintasan air seperti sungai. Sangat penting mengecek kedalaman air dan mengamati seberapa deras aliran air tersebut sebelum menyeberanginya. Disarankan untuk melihat kondisi medan tanpa kendaraan terlebih dahulu untuk mengetahui kedalaman serta menemukan rintangan yang mungkin dihadapi.

3. ASPEK KEAMANAN NOMOR SATU

Sebelum bermain offroad, aspek keselamatan perlu untuk diingat, seperti beberapa fitur yang ada di mobil, peralatan keamanan, hingga mempersiapkan diri untuk kemungkinan terburuk, dan salah satu kemungkinan terburuknya adalah mobil terbalik.

4. BAHAN BAKAR CADANGAN

Persiapan bahan bakar cadangan juga menjadi hal penting sebelum melakukan petualangan yang menantang. Untuk menelusuri alam bebas menggunakan mobil offroad, biasanya akan sulit menemukan ketersediaan bahan bakar. Karena itulah bahan bakar cadangan sangat penting saat melakukan perjalanan offroad.

Untuk offroad level ringan, mungkin hal seperti ini tidaklah penting. Namun untuk tipe offroad berat, bahan bakar cadangan sangatlah penting. Karena kalian tidak akan pernah tahu tentang keadaan saat sedang di trek offroad.

5. BERGABUNG DENGAN KOMUNITAS OFFROAD

Akan sangat disarankan untuk bergabung dengan klub offroad atau menumpang kendaraan offroader lain yang sudah berpengalaman. Jangan langsung melakukan kegiatan offroad sendiri, karena akan sangat berbahaya. Standar safety untuk offroad yang berlaku umum adalah minimal berdua atau akan lebih baik lagi jika bertiga.

Penulis : Rizen Panji

Artikel ini disadur dari Carmudi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *