“Bukan Sekadar Juara, Kompetisi Layar Radio Mahasiswa 1 Munculkan Talenta Baru di Bidang Broadcasting”

 

Jakarta, Desember 2019 – Zaman boleh berganti, tapi nyatanya radio masih mampu bertahan hingga kini. Tak hanya radio dengan modulasi frekuensi (FM) saja yang eksis di kalangan millenial, kini di era digital mulai bermunculan radio berbasis streaming yang menggunakan internet untuk bersiaran.

Salah satu yang menggunakan format streaming adalah radio kampus. Cara mendengarkan yang praktis, deretan musik indie, gaya penyiar yang kekinian, serta konten yang sangat sesuai dengan gaya hidup mahasiswa tampaknya jadi daya tarik tersendiri. Tak hanya sekadar jadi pendengar, banyak di antara mahasiswa tersebut yang justru tertarik menjadi penyiar.

Faktanya, tak sedikit jebolan radio kampus yang berhasil menjadi penyiar di radio ternama tanah air, sebut saja Reza Alqadri (Mustang FM), Sigi Savero (Mustang FM), Sahil Mulachela (Jak FM), Paquita Genuschka (Prambors), Ilham Ramdana (Prambors), Kresna Julio (Prambors), dan Khanzanisa Tamara (Trax FM).

Menurut survey Nielsen di 11 kota, yakni Bandung, Banjarmasin, Denpasar, Jakarta, Makassar, Medan, Palembang, Semarang, Surabaya, Surakarta, dan Yogyakarta, sepanjang 2016 hingga 2018, penetrasi radio turun perlahan dari 37,6% menjadi 34,3% pada 2018. Namun, data pada 2019 menunjukkan ada kenaikan menjadi 36,3%.

Berdasarkan fakta-fakta tersebut, sebagai bentuk nyata dukungan terhadap pemberdayaan generasi muda khususnya mahasiswa se-Indonesia, ARENA.id pun mengadakan Kompetisi Layar Radio Mahasiswa 1.Selain memfasilitasi millennial yang bercita-cita terjun di dunia penyiaran, melalui acara ini kami sekaligus mengenalkan cara baru menikmati siaran radio yaitu melalui video livestream. Kami memahami kebutuhan para pendengar yang ingin secara langsung melihat kegiatan penyiar favoritnya saat tengah bersiaran sevara live,” ungkap Indira B. Widjonarko, Founder ARENA.id.

Kompetisi yang dimulai pada 17 Agustus 2019 ini resmi ditutup dan kini ARENA.id mengumumkan lima tim peserta dengan perolehan nilai tertinggi. Peringkat pertama diperoleh oleh wakil dari Universitas Multimedia Nusantara melalui program Jerit Malam, disusul posisi kedua perwakilan Universitas Gunadarma melalui program Bahenol, menyusul di posisi ketiga perwakilan Telkom University melalui program Sinesia, posisi keempat ditempati oleh perwakilan Universitas Padjadjaran melalui program Deadlinerd, dan di posisi kelima berhasil diraih oleh perwakilan Telkom University yang mengusung program Brokoli. Terdapat satu pemenang hiburan yaitu, perwakilan Universitas Diponegoro melalui program Kopi X Susu.

Indira kembali mengutarakan, “Setelah menonton dan berinteraksi dalam program yang dibuat oleh masing-masing tim peserta Kompetisi Layar Radio Mahasiswa 1, kami sadar bahwa millenial di Indonesia sesungguhnya punya kreativitas dan potensi luar biasa. Kami juga lega dan senang ARENA.id bisa jadi wadah yang tepat bagi para mahasiswa untuk menyalurkan aspirasinya,” tutur Indira.

Diakui pula oleh para peserta, selain mengasah keterampilannya sebagai broadcaster, kompetisi ini juga berhasil menstimulasi kreativitas, rasa percaya diri, team work, hingga manajemen waktu. Tak hanya itu, mereka pun kian memahami sikap bijak bermedia sosial, dan keterampilannya sebagai broadcaster pun terasah dengan maksimal dengan demikian mereka bisa mewujudkan cita-citanya kelak menjadi penyiar.

Program Layar Radio karya seluruh peserta telah disiarkan secara nasional dengan format berupa live streaming video interaktif (hosted live) pada masing-masing channel mereka di ARENA.id. Berbagai challenge yang diberikan sepanjang kompetisi membuat peserta dituntut untuk keluar dari zona nyaman dan menciptakan sebuah program yang anti-mainstream.

“Pada akhirnya kompetisi ini bukan lagi sekadar menang dan kalah atau berapa besar hadiah yang diperoleh. Selain memunculkan talenta-talenta baru di dunia broadcasting, lebih dari itu ARENA.id beserta perwakilan mahasiswa se-Indonesia turut menjaga keutuhan Indonesia melalui konten-konten positif yang disiarkan,” tutup Indira.

TENTANG ARENA.ID

ARENA.id adalah perusahaan teknologi yang membangun berbagai Virtual Venues untuk menyiarkan Live Performances & Gatherings. Salah satu bentuk Interactive Live Performances yang dapat diselenggarakan di Arena.ID adalah Layar Radio.

Layar Radio adalah “Acara Radio” dengan format live video yang didukung dengan berbagai fitur inovatif guna memperkaya interaksi antara Hosts dan Penonton.

Misi ARENA.id adalah merajut tenunan sosial bangsa agar tidak mudah terkoyak dari dampak negatif media sosial. Platform digital ARENA.id menampung konten seru, bermanfaat dan diharapkan dapat mengarahkan netizen kepada penggunaan media sosial yang sehat dan bermanfa

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Citra Andinna

Head of Activity & Content

Email: [email protected]

Phone: 081380069288

 

Wikan Saputri

Community Relation Specialist

Email: [email protected]

Phone: 081294312661

 

 

 

 

 

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *