Child Creativity: Majukan Kurikulum Seni Musik Di Tingkat Sekolah

Child Creativity adalah sebuah komunitas/kelompok anak-anak musik dari berbagai macam latar belakang pendidikannya (formal/non-formal) yang berada di wilayah jakarta. Komunitas ini di bentuk pada tanggal 15 januari 2007 atas dasar keprihatinan terhadap dunia pendidikan, khususnya kurikulum seni musik yang notabene hanya mengacu pada ‘teori’ semata tanpa ada bentuk karya nyata. Visi dan misi komunitas ini adalah “memajukan kurikulum seni musik dalam bentuk karya nyata di tingkat peserta didik sekolah-sekolah” agar bisa mengerti dan memahami apa arti dari sebuah seni khususnya kesenian musik. Komunitas ini bergerak pada penawaran jasa ngajar musik dalam bentuk les privat ataupun model pengajaran ekschool di sekolah-sekolah. Selain penawaran jasa ngajar, komunitas ini juga bergerak pada bidang entertaint dalam bentuk grup musik. Berbagai acara sering disinggahi seperti pensi, wedding, festival, dll.

Kata child creativity diambil dari tingkah laku, pola pikir, atau kebiasaan dari para anggotanya yang tidak pernah mengenal istilah menyerah. Sering kali menemukan hal sulit yang bersifat kecil atau besar, pasti saja menemukan sebuah jawaban yang terkadang di luar logika manusia. Dan yang paling aneh adalah jawaban itu diaplikasikan melalui bermain musik, yang menurut orang tidak ada nyambungnya dengan sebuah persoalan. Mungkin karena memang mayoritas anggota komunitas ini adalah anak-anak musik, jadi segala masalah yang ada pasti jawabannya ada di musik. Dan keanehan inilah yang menyadarkan bahwa ‘musik’ bukan semata-mata hanya sebuah bunyi-bunyian, melainkan sebuah wadah untuk memicu kita menjadi anak yang kreatif.

Meskipun masih seumur jagung, ‘child creativity’ sudah merambah pada tingkat internasional. Salah satu dari anggotanya sudah pernah pengalaman mengikuti ajang festival dunia di salah satu Negara eropa untuk memainkan musik tradisional Indonesia. Sebuah kebanggaan bagi komunitas ini untuk bisa terus eksis di bidang musik secara pribadi ataupun kelompok. Dengan bekal pengalaman itulah dan latar belakang pendidikan musik yang beragam, para anggotanya menyatukan sayap agar bisa lebih kaya tentang pengetahuan musik dan bisa memajukan musik di tanah air. Dan yang paling penting adalah komunitas ini ingin berbagi ilmu dan pengalaman lewat karya musik kepada adik-adik di tingkat SD SMP dan SMA agar mereka bisa merasakan dan mengerti tentang pelalajaran seni musik yang selama ini mereka dapat lewat teori semata.

Sumber: Blog Komunitas Child Creativity

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *