One Cue Community: Satu Wadah Untuk Pecinta Biliar

Bermain bola sodok atau yang lebih dikenal dengan biliar memang sangat mengasyikkan. Selain konsentrasi, permainan ini uga membutuhkan ketangkasan, kecermatan dan kecerdikan. Sayangnya, masih ada sebagian masyarakat yang memandang negatif olahraga ini. Melihat itu, peminat bola sodok di kawasan Red Ball Taman Palem, Cengkareng, Jakarta Barat membentuk One Cue Community, sebuah komunitas yang mewadahi pecinta biliar. Komunitas ini digagas oleh seorang wanita bernama Herlina pada 31 Januari 2015.

Nama One Cue Community merupakan revisi dari nama Biliard Community yang dianggap memiliki makna terlalu luas. Misi utamanya, selain sebagai wadah bagi pecinta biliar di Jakarta Barat, komunitas ini bisa menjadi sarana untuk meluruskan imej negatif biliar yang masih diidentikkan dengan ajang taruhan, kumpul mabuk, dan pergaulan malam.

Upaya menghapus stigma itu diwujudkan lewat berbagai kegiatan positif secara rutin, seperti diskusi-diskusi seputar biliar dan perkembangan komunitas, turnamen antarkomunitas dan menggelar event kejuaraan lokal maupun nasional. Berbagai kegiatan sosial pun dilakukan, salah satunya adalah penggalangan dana bagi atlet biliar Hekta Ahmad yang tengah terbaring di rumah sakit.

Mengenai prestasi, komunitas ini cukup mentereng. Setiap jenjang penghargaan mulai dari pemula hingga senior pernah diraih. Sebut saja gelar anggota 4A, 4B, handicap 4A, handicap 4B, handicap 5, handicap 6, dan seterusnya. “Ada beberapa anggota punya prestasi, salah satunya menjadi atlet PON untuk perwakilan Jawa Timur,” kata Surya Jaya, Ketua One Cue Community.

Saat ini One Cue Community sudah memiliki anggota sekitar 45 orang yang berasal dari Kalideres, Cengkareng, Grogol, Kebon Jeruk, Cakung. Bahkan komunitas ini sudah memiliki chapter di luar Jakarta dan akan berkembang di luar Pulau Jawa. “Kami juga punya chapter di Cilegon ada 8 anggota. Nantinya kita juga akan buka chapter di Medan dan Bali,” jelas Surya.

Untuk bergabung dengan One Cue Community ini sangat mudah. Tanpa syarat apapun, cukup modal niat  dan kemampuan menjalankan misi komunitas. “Kami punya misi yang sama tanpa ada perbedaan dan kami coba untuk maju bersama,” terang Surya. Bagi yang ingin mengenal komunitas ini lebih dekat atau mau bergabung, datang saja pada Sabtu dan Minggu sore ke Red Ball Taman Palem.

Foto dan narasi diambil dari sumber.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *