4 Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Interview Kerja

Buat teman-teman yang baru lulus dan sedang mencari pekerjaan, atau yang lagi berniat mencoba keberuntungan di perusahaan lain, persiapan untuk interview adalah hal yang paling penting, yuk lihat beberapa tips berikut ini menurut Komunitas CeweQuat:

  1. Cari Tahu Berbagai Hal Mengenai Perusahaan

Begitu kamu mengirimkan lamaran, bahkan sebelum dipanggil interview, kamu harus cari tahu sebanyak-banyaknya informasi yang berhubungan dan membantu untuk interview. Sejarah dan nilai-nilai yang dianut, strategi dan berita terbaru tentang kegiatan perusahaan. Bahkan kalau kamu punya senior atau teman yang bekerja di perusahaan yang bersangkutan, jangan malu untuk bertanya detail tentang bagaimana budaya kerja di perusahaan tersebut

  1. Siapkan pertanyaan

Yang sudah sering interview mungkin tidak asing dengan pertanyaan pewawancara di akhir sesi “Apa kamu ada pertanyaan?”. Ini adalah kesempatan untuk lebih menunjukkan nilai dan kelebihan kamu. Ada pepatah yang bilang orang cerdas dan bijak tidak hanya dilihat dari jawaban atas suatu pertanyaan, tapi juga dari pertanyaan yang diajukan. Bertanya mengenai jobdesc, jalur karir, proses selanjutnya adalah hal-hal yang sangat biasa, yes, sangat biasa. Persiapkanlah pertanyaan stratejik yang berkaitan dengan masa depan perusahaan, maupun industri, dan yang berhubungan dengan kemajuan perusahaan. Dengan begitu, pewawancara bisa menilai keseriusan kamu untuk bekerja di perusahaan tersebut.

  1. Bahasa Tubuh

Kesan pertama sangatlah penting, latih dan perhatikan bagaimana cara kamu jalan, duduk, melihat pewawancara, bahkan saat pertama kali berjabat tangan. Lakukan semua dengan antusias dan penuh semangat. Lalu bagaimana jika ditengah-tengah proses interview ada pertanyaan yang membuat kamu bingung, sulit, atau tertekan untuk menjawab? Tetaplah tenang, dan selalu jawab dengan tatapan mata yang yakin.

  1. Penampilan

Tidur cukup dan sarapan sangat penting sebelum kamu menghadapi interview. Hal itu akan berpengaruh terhadap antusiasme dan konsentrasi kamu. Dan jangan lupa, pakailah baju yang rapi dan professional.

Sumber: website ceweQuat

FOTO: DOK. Akun Instagram redreticule

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *