Health Care Community Kampanye Anti Hipertensi Dalam Rangka Peringatan Hari Hipertensi Sedunia

Health Care Community (Hacecomu) melakukan pengukuran tekanan darah bagi masyarakat Ketaping-Anduring di SMA Muhammadiyah 1 Padang, Minggu (22/5). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Hari Hipertensi sedunia yang diperingati setiap 17 Mei.

Hacecomu merupakan wadah komunitas eksternal kampus yang mengolaborasikan antar tenaga kesehatan dan tenaga medis untuk bergerak bersama mewujudkan peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Komunitas ini berasal dari multidisiplin ilmu dan lintas profesi kesehatan seperti kedokteran, keperawatan, apoteker, kesehatan masyarakat dan lainnya.

Menurut Humas Hacecomu, Doni, pihaknya memberikan pelayanan pengukuran tekanan darah gratis, edukasi tentang pentingnya mengontrol tekanan darah, informasi obat antihipertensi dan pembagian leaflet berisikan kiat-kiat pencegahan hipertensi. Tema pengabdian masyarakat kali ini yaitu “Cari Tahu Bara Angko Tekanan Darah.

“Mayoritas masyarakat yang diperiksa adalah ibu-ibu yang mengikuti kegiatan senam rutin di Minggu pagi. Banyak penyakit yang dapat timbul akibat tekanan darah tinggi yang tak terkontrol seperti stroke, masalah jantung, gangguan fungsi ginjal dan gangguan penglihatan” katanya.

Dia menjelaskan, dengan melakukan pengukuran tekanan darah maka dapat dideteksi sejak dini berbagai penyakit tersebut. Terutama bagi penderita hipertensi, rutin mengukur tensi dan menjaga gaya hidup seperti pola makanan, beraktivitas yang cukup, kurangi stress dan tidak merokok dapat mencegah terjadinya komplikasi dari hipertensi.

Koordinator Hacecomu, Hanif Eroni Putra berharap kegiatan yang diadakan itu bermanfaat dan menjadi nilai kebaikan untuk bersama. Hanif juga mengimbau masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran dalam mengontrol dan menjaga tekanan darah agar tidak menimbulkan penyakit di kemudian hari.

Sumber: Padang Media

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *