Komunitas Biola & Seniman Medan; Bina Generasi Muda yang Beminat di Bidang Musik & Kreatif Lainnya

Bahas seni tidak akan pernah habisnya topik ini menjadi minat, apalagi seni musik. Pada umumnya seni musik beraliran klasik, dominan disukai oleh golongan dewasa menengah atas.  Akan tetapi tidak di Kota Medan. Komunitas Biola & Seniman Medan merupakan salah satu bukti bahwa anak muda juga menggemari berkesenian musik klasik.

Melalui pertemuan singkat saya dengan Hadi, selaku Ketua dari KBSM, menceritakan kalau Komunitas Biola dan Seniman Medan terbentuk pada tahun 2010. “KBSM tujuannya sih untuk membina generasi muda yang beminat di bidang musik dan kreatif  lainnya yang bersifat suka rela, serta menciptakan suasana agar masyarakat dapat mengenal seni dan budaya,” papar Hadi.

Bagi KBSM, seni adalah negeri seribu bahasa yang dapat di pahami melalui HATI, BATIN dan JIWA dari setiap keindahan yang di milikinya. “Dengan menikmati seni, mengembalikan jiwa kepada keseimbangan. Namun tanpa tradisi, seni bagaikan domba tanpa gembala, dan tanpa innovasi, seni bagaikan manusia tak bernyawa,” timpal Nasrun, selaku Humas dari KBSM.

Komunitas Biola dan Seniman Medan adalah komunitas pecinta seni dan budaya yg berada di Medan, yang anggotanya adalah terdiri dari berbagai pemain alat musik. Mereka adalah para anak muda dari beragam kalangan usia. Dimana memiliki minat yang sama yaitu mengkreasikan musik agar dapat berkarya dan berkreativitas.

Nasrun dan Hadi mengaku bahwa KBSM tidak hanya sekedar mengkreasikan musik saja, melainkan juga sebagai tempat saling bersinerginya para seniman di Kota Medan. Selain itu KBSM juga memiliki impian untuk merangkul generasi-generasi muda di Kota Medan agar mencintai seni dan budaya. “Apa yang sudah terlahir sepatutnya diperlihara toh? Kalau bukan anak mudanya, siapa lagi yang harus memulai?” tegas Hadi.

Berikut beberapa kegiatan rutin yang dilakukan KBSM :

  • Mengadakan konser pada tiap-tiap awal tahun
  • Dan konser mini di akhir tahun.
  • Mengadakan Street musical di bulan Ramadhan, pada setiap hari Kamis dan Minggu.
  • Mengadakan konser amal untuk menggalang dana bagi korban bencana alam.

Kegiatan terakhir yang dilakukan oleh KBSM adalah Kelas Heritage “Cerita Lonsum Tempo Doeloe”, yang bersinergi dengan Medan Heritage Tour. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi para anak muda di Kota Medan tentang pengetahuan sejarah Kota. Mereka sebagai salah satu talent yang mengisi acara di Kelas Heritage, baik tunggal dan juga berkolaborasi dengan beberapa seniman lainnya.

Sumber: Cerita Medan

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *