7 Langkah Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis

Dewasa ini, sangat banyak media sosial yang kita gunakan untuk menuliskan isi pikirannya seperti facebook dan twitter, tak terkecuali dalam bahasa Inggris. Namun, walaupun banyak menulis di media sosial, tak jarang kita kesulitan dalam menulis untuk keperluan akademis, seperti mendaftar beasiswa, menulis jurnal, atau menulis laporan atau proposal. Padahal, kalau dicermati banyak juga kan beasiswa atau kesempatan exchange atau summer school yang mengharuskan aplikannya untuk melampirkan project proposal dan essay dengan tema tertentu yang tentunya ditulis dalam bahasa Inggris.

Nah, kamu tidak usah bingung lagi. Komunitas Sahabat Beasiswa punya tips-tips yang bisa membantu kamu untuk meningkatkan kemampuan menulis, diantaranya;

  1. Banyak membaca

Membaca adalah aktivitas yang harus dibiasakan. Dengan membaca, kamu akan lebih kaya sumber, referensi, dan informasi. Sumber bacaan tak hanya terbatas dari buku cetak, koran, atau majalah tetapi juga website-website online yang infonya up to date. Di sini, kamu juga harus memilah mana saja sumber yang bagus untuk dijadikan referensi, karena referensi ini juga yang dijadikan ide dan akan mempengaruhi kualitas tulisanmu.

  1. Jangan malu untuk mengikuti les

Jika kamu merasa bahwa kemampuanmu masih sangat kurang dalam berbahasa Inggris, jangan malu untuk mengambil kursus untuk mendongkrak skillmu. Manfaatkan waktu kursus dengan sebaik mungkin, tanyakan bagian yang belum jelas, dan catat tips-tips canggih dari mentormu. Bahkan kamu bisa meminta mentor untuk mereview tulisan yang sudah kamu coba buat sebelumnya. Mintalah koreksi dan sarannya.

  1. Jadikan menulis sebagai kebiasaan

Semakin sering kamu berlatih, maka semakin cepat kamu akan berkembang. Kamu tidak akan pernah melihat perkembangan dirimu jika kamu tidak pernah mau berusaha untuk mencoba. Cobalah untuk belajar menulis, misalnya yang paling sederhana, yaitu di status media sosial. Atau jika mempunyai buku diary atau blog pribadi, kamu juga bisa berlatih menulis di sana. Dengan serinnya kamu berlatih, kamu bisa menambah vocabulary baru yang dapat memperkaya tulisanmu. Rajin-rajinlah berlatih dan jangan takut salah because practice makes perfect.

  1. Temukan tempat yang nyaman untuk menulis

Tempat menulis merupakan salah satu kunci dalam menulis karena dapat mempengaruhi konsentrasimu dalam membuat tulisan tersebut. Ada yang suka tempat yang ramai, dan juga yang suka kesunyian. Untuk yang suka keramaian, bisa memilih tempat di kafe atau resto. Jika butuh ketenangan, kamu bisa memilih perpustakaan atau kamar. Jadikan tempat itu sebagai “ruang khusus” menulis kamu. Tak masalah di manapun tempatnya asal kamu merasa nyaman dan fokus saat menulis di sana.

  1. Periksa grammar menggunakan sumber online

Menguasai grammar memang tidak mudah. Oleh karena itu, sebagai langkah awal kamu bisa mengecek penulisan grammarmu melalui sumber online yang bertebaran di dunia maya. Tak hanya itu, kamu juga bisa belajar grammar dari sumber online.

  1. Meminta Saran dari Pembaca

Membiarkan orang lain membaca dan menilai tulisanmu sangat penting dalam perkembangan skill menulismu. Mintalah saran atau kritik dari teman yang lebih ahli atau dosenmu. Mintalah feedback darinya. Mintalah ide tambahan apabila kamu sedang stuck. Jangan malu untuk bertanya, dan jangan malu untuk salah. Perhatikan, pelajari, dan perbaiki kesalahan tersebut. Lebih baik belajar dari kesalahan dari pada malu dengan kesalahan lalu kesalahan tersebut menjadi kebiasaan.

  1. Percaya diri dan optimis

Yakinkan dalam hati kalau kamu mampu dan pasti bisa. Jangan ada rasa takut salah, jangan pula timbul keraguan bahwa tulisan kita jelek. Apabila saat menulis timbul rasa tidak percaya diri, maka tulisan akan terasa hambar, gagasan ide yang diberikan kepada pembaca tidak tersampaikan. Bawa mood yang bagus saat menulis karena tulisan merupakan cermin dari dirimu. Mood yang bagus juga akan memberi “ruh” pada hasil karya yang kamu buat.

Sumber: Sahabat Beasiswa

FOTO DOK. Akun Instagram keystrokesandcloseddoor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *