KENDOS; Nama Lokal, Berwawasan Internasional

KENDOS adalah sebuah komunitas berbasis lari.. Apakah KENDOS itu? Artinya apa? Kenapa pakai nama itu?
Pada 26 April 2014, di Surabaya enam orang anak muda yang biasa berlari 4-5 km mencoba berlari dengan jarak yang lebih jauh, yaitu sekitar 12 km. Namun di tengah perjalanan ada salah satu orang yang berteriak “Kentolku mbledos rek.. aku nggak kuat…”

Dari situlah komunitas KENDOS lahir… KENDOS, berasal dari kata Kentol Mbledos (bahasa Jawa) yang berarti betis meledak (karena berlari terlalu jauh)..

Seiring dengan berjalannya waktu, anggota komunitas ini bertambah… dari 6 orang menjadi 12 orang dan sampai sekarang sudah ada sekitar 80 orang yang tergabung dalam komunitas ini….

KENDOS adalah sebuah nama lokal namun berwawasan internasional, kami mempunyai misi untuk terus mengembangan dunia olahraga lari serta memberi kebebasan anggotanya untuk berkarya..

KENDOS terbuka bagi siapa saja, tidak memandang umur, golongan, agama, suku, pekerjaan, strata sosial, pendidikan dll. Asal mau berolahraga dan mau maju kami akan senang hati menerima siapa saja yang ingin bergabung dengan kami.

Kegiatan KENDOS tidak hanya soal lari, tetapi kami juga terbuka terhadap komunitas lain yang bahkan tidak ada hubungannya dengan lari. Sebagai contoh, KENDOS pernah berkerja sama dengan Surabaya Neuroscience Institute untuk membagikan 2000 apel di beberapa titik protokol Surabaya. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap penyakit stroke. Selain itu, sebagai bukti kepedulian terhadap alam, KENDOS juga pernah mengikuti acara menanam mangrove. KENDOS juga terlibat aktif dalam kampanye #DietKresek yang diadakan oleh HiLo Green Community.

Ada beberapa event lari dan marathon yang pernah KENDOS ikuti, seperti Bali Marathon dan Bromo Marathon. Tak ketinggalan juga banyak event Fun Run dan International Run yang KENDOS ikuti. Bukan hanya berlari di jalan, tetapi Kendos juga sudah beberapa kali mengikuti event Trail Run dan Ultra Run seperti Bromo Tengger Semeru, Coast To Coast, Mesastila Challange Ultra, dan lain-lain. Bahkan ada angoota KENDOS yang sudah mengikuti Hongkong Vibram Ultra juga.

Selain event lari, kita juga beberapa kali membantu penyelenggaraan event lari sebagai marshal, seperti pada event Safari Run 2015, Kompas Gramedia Night Fun Run 2015, dan masih banyak lagi. Bahkan, KENDOS juga pernah menyelenggarakan event lari secara full-pack, yaitu pada event KulineRun 2016, yaitu event lari dalam rangka pembukaan Food Junction Pakuwon Surabaya.

Sumber Artikel dan Gambar: Inspirator Freak

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *