Beriwisata Tanpa Menguras Kantong Ala Komunitas Backpacker Indonesia

Ingin berwisata tanpa menguras isi kantong? Mungkin melancong dengan gaya backpacker bisa ditiru. Sekadar informasi, backpacker merupakan orang yang melancong dengan mengurus segala sesuatunya sendiri. Sebut saja mulai dari tiket pesawat hingga tempat penginapan. Saat ini, komunitas backpacker di Indonesia cukup banyak. Kesemuanya memiliki tujuan yang kurang lebih sama, yakni berbagi informasi mengenai dunia wisata dan backpacking.

Mau tahu apa saja yang harus diperhatikan? Ini tips wisata murah ala dua pendiri Komunitas Backpacker Indonesia:

  • Cukup informasi dan direncanakan

Jika kita bisa mendapatkan banyak informasi soal destinasi yang akan dituju, tentu itu akan membuat perjalanan kita juga lebih terencana dan rapi. Mulai dari soal how to get there (transportasi), hunting tiket promo, penginapan, sampai soal budaya atau even-even tertentu di daerah yang akan kita tuju.

  • Channel

Dengan luasnya link atau channel, tentu akan memudahkan kita untuk menjelajahi destinasi yang kita eksplor.

  • Jangan terpaku dengan ’hot destination’

Indonesia memiliki banyak sekali lokasi-lokasi wisata yang bisa dikunjungi. Namun, seringkali orang-orang  Indonesia berlaku latah beberapa saat. Ketika Pulau Komodo sedang menjadi madona, semua orang berbondong-bondong pergi ke sana. Terkadang, hal ini yang acapkali dimanfaatkan oleh pihak-pihak  tertentu dan akhirnya semua menjadi serba mahal. Padahal, Indonesia tidak hanya Bali, Raja Ampat, Pulau Komodo atau Bunaken saja.

Indonesia masih menyimpan keindahan di banyak sudut. Contohnya adalah di Serui, kepulauan Yapen atau Biak di Papua.  Lokasi tersebut menawarkan beragam jenis wisata, mulai dari pulau, pantai, diving, wisata sejarah, budaya dan lain-lain. Biasanya, lokasi yang belum menjadi hot destination, segala sesuatunya akan jauh lebih murah loh.

Sumber: Lipsus Kontan

Sumber Foto: nomadsworld

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *