Makassar Cancer Care Community (MC3); Berikan Edukasi dan Informasi Tentang Kanker Payudara

Makassar Cancer Care Community (MC3) adalah komunitas sosial yang lahir dengan latar belakang kurangnya informasi tentang kanker di kota Makassar. Para survivor dan dokter kemudian berinisiatif mendirikan suatu wadah yang memberikan informasi tentang kanker kepada penderita kanker. Komunitas sosial ini didirikan pada tanggal 17 Agustus 2013 di Makassar dengan mengambil semangat kemerdekaan dan perjuangan. MC3 bertujuan memberikan edukasi dan informasi tentang kanker pada payudara.

Adapun visi dari komunitas ini yaitu bercita-cita sebagai wadah informasi terpercaya dalam edukasi, informasi, dan promosi kesehatan mengenai tumor/kanker, baik di Makassar, maupun wilayah kabupaten di Sulawesi Selatan.

Yang akan diwujudkan melalui misi memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat mengenai kesadaran, kepedulian, pencegahan, dan pentingnya deteksi dini terhadap penyakit tumor/kanker.

Komunitas MC3 didirikan dengan tujuan memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat awam mengenai bahaya penyakit tumor dan kanker serta upaya pencegahannya, mengurangi jumlah pasien stadium lanjut dan memberikan motivasi dan dorongan semangat kepada pasien/penderita kanker untuk menjalani terapi.

Untuk memcapai tujuan diatas, berbagai program pun diselenggarakan, diantaranya;

  1. Setiap bulan melakukan sharing klinik antara pasien, masyarakat awam, dan dokter.
  2. Setiap bulan melakukan penyuluhan/sosialisasi pada kelompok-kelompok organisasi wanita ataupun pada kelompok remaja.
  3. Melakukan kampanye “Deteksi Perubahan pada Payudara dengn Melakukan perikSA payuDAra sendiRI (SADARI)” bersama dengan Dinas Kesehatan kota Makassar.
  4. Memberi pelatihan/membina kader-kader Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU), Posyandu, dan kader kesehatan tentang bagaimana melakukan SADARI.
  5. Melakukan kaampanye dengan memasang banner pada rumah sakit dan Puskesmas di kota Makassar.
  6. Memotivasi/memberi dukungan kepada pasien untuk datang ke rumah sakit.
  7. Melakukan seminar dan talk show.
  8. Tahun 2016 MC3 memprogramkan keterlibatan pada POSBINDU di 14 kecamatan di kota Makassar setiap bulan.
  9. MC3 melakukan kegiatan Kampanye “Pink Parade” dalam rangka bulan kanker payudara yang dilaksanakan pada bulan Oktober setiap tahun, serta melakukan aksi damai di jalan dengan membagikan brosur dan flyer kepada masyarakat dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia.
  10. Tiap akhir tahun melakukan focus group discussion (FGD) bersama anggota DPRD Perempuan Provinsi/Kota, Dinas Kesehatan Provinsi/Kota, BPJS, dan direktur rumah sakit dalam rangka mendukung program MC3.

Sumber: Website Kalahkan Kanker

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *