Komunitas Historia Bekasi; Napak Tilas Sejarah Kota Bekasi

Meski penduduk Bekasi kini dihuni mayoritas dari suku jawa, namun tak menyurutkan langkah beberapa anak muda yang tergabung dalam Komunitas Historia Bekasi (KHB).

Bahkan menurut mereka, hal tersebut tidak menjadi masalah, pasalnya dalam memperkenalkan sejarah Bekasi, tidak hanya untuk warga Bekasi asli, namun juga untuk semua orang yang tinggal di wilayah yang berbatasan dengan ibu Kota Jakarta ini.

“KHB memang baru berdiri awal tahun 2016 ini. Tujuan kami hanya bagaimana masyarakat yang tinggal di Bekasi mengenal sejarah di mana mereka tinggal. Sehingga setiap warga Bekasi mau dari suku manapun tumbuh rasa memiliki dan peduli dengan Bekasi,”ujar Kordinator Komunitas Historia Bekasi, Endra Kusnawan, saat ditemui di Tugu alun-alun Kota Bekasi. Minggu (9/10/2016).

Ditambahkan Endra. Jumlah anggota KHB baru sekitar 50 orang, namun kalau jumlah komunitas group Jelajah Wisata Bekasi yang juga dibuat untuk komunikasi lewat media social, sudah berjumlah 4 ribu lebih.
“Kami juga punya group di media sosial, namanya Jelajah Wisata Bekasi yang anggotanya sekitar 4 ribu an, tapi kalau KHB baru 50 orang mas,”paparnya.

Endra menjelaskan. kegiatan yang mereka lakukan selain diskusi soal sejarah Bekasi, juga membuat program Jelajah Wisata Bekasi. Program tersebut bertujuan untuk memperkenalkan situs-situs sejarah yang dimiliki Bekasi.

“Kami ingin memperkenalkan situs-situs sejarah yang ada di Bekasi, dengan mengajak kawan-kawan KHB untuk napak tilas berkeliling dengan menggunakan sepeda jaman dulu (sepeda ontel),”pungkas Endra. seraya mengajak warga Bekasi untuk nergabung dan mengenal Bekasi dari sejarahnya.

Sumber: Bekasi Undercover

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *