#ChalkWalk; Sebuah Cara Untuk Peringati Pekan Internasional Anti Pelecehan di Jalan

Car Free Day (CFD) di daerah Senayan ramai seperti biasanya pada tanggal 2 April 2017. Yang membuat tidak biasa adalah sekumpulan orang-orang yang asyik menggambari aspal di jalan dengan kapur besar yang berwarna-warni. Apa yang mereka lakukan cukup menarik perhatian pengguna jalan saat CFD.

Hollaback Jakarta, Lentera Sintas Indonesia, Bersama Project, dan Lumiere Project memeriahkan pekan internasional anti pelecehan di jalan dengan #ChalkWalk, sebuah kegiatan unik dimana kamu bisa menyampaikan uneg-uneg kamu tentang pelecehan seksual di jalanan dan ruang publik lainnya. Keempat komunitas ini bersama-sama menyediakan kapur warna-warni yang besar, dan siapapun dapat datang dan merayakan pekan internasional anti pelecehan di jalan dengan mereka! Hanya bermodal semangat dan corat-coret aspal saja, kok!

Kegiatan #ChalkWalk telah diselenggarakan sebanyak tiga kali oleh Hollaback Jakarta, namun ini pertama kalinya kegiatan ini dimotori oleh banyak komunitas dan partisipan.

#ChalkWalk ketiga ini dilaksanakan di depan Graha CIMB Niaga dari jam 8 hingga 10 pagi. Tujuan utama #ChalkWalk diselenggarakan adalah untuk mengkampanyekan keselamatan dan keamanan pengguna jalan dari tindakan pelecehan. Rebekka, salah satu founder dari Bersama Project, turut hadir bersama ukulelenya sambil bersenandung tentang petingnya menjaga keselamatan pengguna jalan.

Yang paling utama dalam memeriahkan pekan internasional ini adalah; jangan pernah berkontribusi terhadap tindakan pelecehan apapun terhadap pengguna jalan lainnya. Bersiul, menyapa dengan panggilan yang neko-neko, serta menggumamkan kata-kata yang tidak pantas harus kamu jauhi. Ingat, pengguna jalan yang lain sama berhaknya seperti kamu akan keamanan dan keselamatan di jalan dan ruang publik lainnya.

chalkwalk bukan kue jangan cubit

Bagaimana bila kemudian kamu melihat tindakan pelecehan seksual? Saran kami, jangan biarkan korban merasa sendirian, ya. Kamu bisa langsung mendekat dan melindungi sasaran pelecehan, atau bisa juga kamu tegur si pelaku. Apapun itu, usahakan agar keselamatanmu dan korban tetap terjaga, ya!

Semoga dengan perayaan #ChalkWalk ini, tindakan pelecehan di jalan dan ruang publik dapat berkurang dengan drastis. Terima kasih untuk Hollaback Jakarta, Lentera Sintas Indonesia, Lumiere Project, dan Bersama Project akan kejutan kapur yang menyenangkan di CFD hari Minggu lalu, ya! Kami sangat senang berpartisipasi untuk kampanye akan keamanan dan keselamatan pengguna jalan dari tindakan pelecehan.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *