KEJARI & Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Sekadau Bakti Sosial Untuk Indonesia Bebas Kanker Payudara

Dalam rangka ikut berpartisipasi dalam bulan kewaspadaan kanker payudara internasional (breast cancer awareness) pada hari ini Kamis 19 Oktober 2017 bertempat di Puskesmas Sekadau telah dilaksanakan tes SADANIS (Periksa Payudara Klinis) oleh dokter bedah RSUD Sekadau yaitu dr. Najna, Sp.Bd. serta penyuluhan SADARI (Periksa Payudara Sendiri) yang berguna utk mendeteksi dini kanker payudara kepada lebih kurang 30 ibu2 di wilayah sekadau. Selain itu juga dilaksanakan Tes IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) yang berguna utk mendeteksi dini kanker serviks dan pembagian sembako kepada peserta tes yang diselenggarakan secara gratis oleh Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Daerah Sekadau dan Kejaksaan Negeri Sekadau bekerjasama dengan BPJS, RSUD, Dinas Kesehatan dan Puskesmas Sekadau.

Dalam sambutannya Ny. Dian Andri Irawan selaku Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Daerah Sekadau mengucapkan terimakasih atas kehadiran ibu2 yang antusias mengikuti kegiatan itu sebab diharapkan selain mengetahui kondisi kesehatan diri sendiri mereka yang sudah diberikan penyuluhan SADARI juga dapat memberitahukan cara pemeriksaan sendiri utk mendeteksi dini ada tidaknya benjolan yg merupakan ciri2 awal dari kanker payudara.

Selanjutnya Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini juga menyampaikan data bahwa di Indonesia, kasus baru kanker payudara menjadi kasus kematian tertinggi dengan angka 21,5 pada setiap 100.000. Dan yang lebih memprihatinkan, 70 persen pasien kanker payudara baru datang ke fasilitas kesehatan pada stadium lanjut.

Kajari Sekadau selaku Pengawas Ikatan Adhyaksa Dharmakarini juga mendukung penuh kegiatan tersebut, karena bulan Oktober merupakan bulan kewaspadaan kanker payudara nasional dan internasional yang ditandai dengan kampanye pita pink sebagai bentuk kepedulian akan bahaya kanker payudara yang menempati peringkat pertama setelah kanker serviks. Oleh sebab itu aparat kejaksaan beserta istri yg tergabung dalam IAD sangat peduli dengan upaya2 peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Diharapkan kegiatan seperti dapat terus berjalan dan menyasar mulai dari yang berdomisili di perkotaan hingga pelosok2 kabupaten Sekadau.

Sumber: KEJARI SEKADAU

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *