Jalan Bareng Indonesia: Solusi Untuk Perjalanan Seru

Jalan Bareng Indonesia yang akrab ditelinga dengan panggilan JB merupakan komunitas yang menyediakan wadah untuk melakukan aktivitas Jalan Bareng. Komunitas JB terbentuk atas dasar keresahan sekelompok pemuda yang ingin melaksanakan perjalanan panjang dari Jakarta – Jogja – Malang kemudian mengakhiri perjalanan di Bromo, kemudian dihadapkan dengan mahalnya harga jasa paket travel ketika itu, kemudian timbul ide dengan cara traveling ala backpacker namun lagi-lagi dihadapkan dengan minimnya informasi angkutan umum dan minim relasi di kota-kota yang akan kami tuju. Atas dasar keresahan yang dirasakan itu kemudian kita memberi keterbukaan bagi rekan-rekan yang memiliki tujuan yang sama untuk ikut dalam 1 tim perjalanan bersama kita, dari keterbuakaan itu kami banyak sekali menerima informasi-informasi yang menunjang lancarnya perjalanan dan relasi-relasi yang sangat membantu kami ketika kami merasakan kesulitan dalam perjalanan, oleh karena itu pada hari Jum’at tanggal 27 Desember 2013  diatas Gunung Bromo kami tetapkan sebagai hari peresmian berdirinya komunitas Jalan Bareng Indonesia.

Sebagai sebuah komunitas JB dibangun dan dikembangkan oleh ratusan anggota yang ada didalamnya dan dikelola oleh satu tim yang terdiri dari 7 orang yang kami namakan sebagai Tim Saptamudra JB yang bermakna tujuh samudra JB dengan meminjam filosofi samudra yang berada pada tempat paling rendah di bumi dan menampung segala, artinya tim Saptamudra JB merupakan tempat penampungan aspirasi seluruh anggota JB dan kemudian menggodok aspirasi-aspirasi tersebut sehingga menjadi sebuah program-program JB dengan berbagai aktivitas positif sebagai output-nya.

JB memiliki 4 divisi besar yang dipimpin oleh 4 orang dari Tim Saptamudra JB diantaranya:

  • Divisi JB Event & Program yang fokus pada event-event dan program inti JB yaitu JB Kelas Berbagi dan berbagai kegiatan Jalan Bareng dengan tujuan spot-spot wisata maupun non wisata baik domestik maupun luar negeri, kegiatan-kegiatan mountaineering (mendaki gunung), rafting, (arung jeram), snorkeling, caving (telusur goa), touring (perjalanan jauh dengan sepeda motor) dan berbagai kegiatan outdoor lainnya dengan metode share cost trip dan methode the Jalan Bareng method.
  • Divisi JB PRM (Public Relations & Media) yang fokus kepada pengelolaan relasi-relasi JB baik internal seperti membuka forum-forum diskusi online yang terjadwal, maupun eksternal dengan melakukan publikasi melalui berbagai media yang selama ini cukup aktif seperti mengisi program-program berbagai radio swasta dengan mengoptimalkan anggota-anggota JB sebagai narasumbernya.
  • Divisi JB Socio yang bergerak dibidang sosial dan lingkungan, terbentuknya JB Socio dilatar belakangi oleh kesadaran para anggota JB yang selama ini ringan saja spending uang ratusan sampai jutaan rupiah untuk menikmati perjalanan-perjalanan jauh sementara banyak anak-anak di lingkungan sekitar kita yang ingin berlibur ke Taman Mini Indonesia Indah / Kebun Binatang Ragunan saja tidak mampu karena keterbatasan ekonomi kedua orang tuanya yang hanya mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan berprofesi sebagai kuli cuci dan tukang ojek. Oleh karena itu JB Experia (JB Experience & Inspirations) merupakan program JB Socio pertama yang dibuat untuk mengajak 31 anak-anak yatim, piatu, yatim-piatu dan anak-anak kurang mampu binaan Yayasan Bina Insan Mandiri / Sekolah Master (Sekolah khusus anak-anak jalanan) ke Taman Mini Indonesia Indah.
  • Divisi JB Preneur yang membantu mengawasi kerjasama yang terjalin baik kerjasama dagang maupun kerjasama dalam bentuk permodalan yang menjadi peluang bagi para anggota JB yang ingin memiliki bisnis tetapi terkendala waktu untuk mengelolanya.
Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *