Komunitas Tuan Tapa Aceh Lakukan Aksi Pembersihan Objek Wisata Pulau Dua

Muda-mudi para pencinta alam yang tergabung dalam Komunitas Tuan Tapa melakukan pembersihan di lingkungan objek wisata Pulau Dua, Bakongan Timur, Kabupaten Aceh Selatan, Minggu, (4/3/2018).

Pembersihan objek wisata tersebut merupakan pekerjaan yang ke dua kali mereka lakukan sejak tahun 2017. Pembersihan tersebut diikuti lebih kurang 60 orang peserta dari seluruh Kabupaten Aceh Selatan.

Ketua Komunitas Wisata Tuan Tapa, Muchsin ST mengatakan, pada kegiatan giat wisata lingkungan tersebut para peserta membersihkan berupa sampah yang ada di sekitar objek wisata Pulau Dua.

“Alhamdulillah hari ini kami dapat mengumpulkan 50 Kantong Plastik besar berupa sampah organik seperti plastik, bekas air mineral, plastik jajanan para parawisatawan yang pergi ke pulau dua” katanya.

Selaku pegiat wisata Lingkungan dan juga ketua Komunitas Wisata Tuan Tapa, Muchsin mengharapkan kepada para pengunjung objek wisata yang ada di Aceh Selatan untuk tidak meninggalkan sampah organik di lokasi wisata demi untuk menjaga kelestarian dan keindahan alamnya.

Kemudian lanjut Muchsin, untuk meningkatkan taraf pendapatan masayarakat kecil di sekitar lokasi wisata kita megharapkan adanya pemberdayaan ekonomi mayarakat dengan membangun kios – kios souvernir.

“Aceh selatan dalam satu tahun terakhir ini, semakin rame dikunjungi oleh para penikmat wisata alam dan wisata legenda, baik dari sekitar wilayah Aceh Selatan maupun dari kabupaten yang ada di Aceh. Hal itu dapat kita lihat tingkat penghuni hotel yang semakin meningkat, hari sabtu dan minggu kota tapaktuan tidak lagi sepi seperti dulu” tuturnya.

Tentu lanjut Muchsin, objek wisata yang sudah dikenal banyak orang seperti Tapak Tuan Tapa, air terjun tingkat tujuh, air terjun ie dingin sawang dengan pantai pasir putihnya. Di Aceh Selatan sekarang juga dapat untuk ditawarkan kepada wisatawan akan keindahan jutaan burung perling di pulau dua Bakongan Timur dengan pantai dan air laut yang bening yang dihiasi oleh bunga dan terumbu karang.

Selain itu tambahnya, disebelah barat Tapaktuan bisa juga ditawarkan objek wisata Legendaris Batu Putro Metumpang dikawasan Labuhan Haji Timur yang juga sudah di ekpos oleh komunitas wisata Tuan Tapa.

“Jadi kedepan wisatawan dapat menginap semalam di Kota Tapktuan dan melanjutkan perjalanan ke Pulau dua dan Ke Batu Putro Metumpang,” jelas Muchsin.

Sumber: ACEH TREND

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *