Hari Perempuan Internasional, 20 Komunitas Lari Jakarta Gelar #IWDRUN 2018

Minggu lalu (11/3), dalam rangka memeringati Hari Perempuan Internasional, gabungan lebih dari 20 komunitas lari di Jakarta mendukung #IWDRUN Jakarta yang diselenggarakan oleh Urban Running Trouppe (URT). #IWDRUN Jakarta ini sendiri merupakan bagian dari gerakan global Voltwomen yang bermula di Copenhagen, Denmark, yang bertujuan untuk menyebarkan semangat hidup sehat dan menjadi lebih kuat sebagai perempuan.

Lebih dari 200 orang peserta ikut berpartisipasi dalam #IWDRUN keenam kali ini. Konsepnya bukan pertandingan lari, tapi kegiatan lari pagi bersama yang fun dengan pesertanya yang semua perempuan. Mengambil titik awal di lobi FX Sudirman, para peserta ini berlari bersama dengan jarak tiga kilo meter dan dibagi dalam lima gelombang. Seorang pacer dari URT memimpin langkah tiap gelombang hingga tetap kompak dari awal hingga ke garis finish!

 

Hari Perempuan Internasional diperingati setiap tahunnya untuk mengingatkan kembali pada dunia tentang pentingnya perempuan dalam masyarakat global. Bukan berarti perempuan berada di atas gender yang lain, tapi bahwa perempuan juga punya posisi dan peran yang setara. Demi mengingatkan kembali tentang hal ini jugalah, Voltwomen global dengan gerakan #IWDRUN ini digelar.

 

Di Jakarta sendiri, Editha, ketua panitia #IWDRUN ini juga menyampaikan harapan serupa untuk kaum perempuan di Indonesia. “Semoga ke depannya makin banyak perempuan yang nggak seksis; karena seksisme itu bukan cuma dari laki-laki tapi juga dari perempuan. Selain itu, semoga juga makin banyak perempuan yang open minded dan berkontribusi di berbagai bidang mereka.”

Selain di Jakarta, #IWDRUN ini juga diselenggarakan di Bekasi, Surabaya, Medan, dan Sukabumi. Meski digagas oleh komunitas lari, Editha juga menambahkan bahwa acara tahunan #IWDRUN ini terbuka untuk semua perempuan yang mau berpartisipasi. Nah, kalau Anda melewatkan acara tahun ini, siap-siap saja untuk mengajak para sahabat perempuan Anda ke #IWDRUN tahun depan!

Foto: Hasbi Fauzi/URT

Sumber: WOMAN TALK

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *