Komunitas 1000 Guru Kalbar Berbagi Bersama Siswa SDN 17 Nanga Tayap

ebanyak 50 relawan dari komunitas 1.000 Guru Kalbar, menggelar kegiatan Traveling and Teaching ke-11 di SDN 17 Nanga Tayap yang terletak di Dusun Sungai Durian, Desa Nanga Tayap, Kecamatan Nanga Tayap, Kabupaten Ketapang pada 24 Agustus sampai dengan 26 Agustus 2018.

Kegiatan Traveling & Teaching 11 kali ini bekerjasama dengan PLN Wilayah Kalbar, dalam rangka HUT Komunitas 1000 Guru ke-6 serta HUT Kemerdekan RI ke-73.

Para relawan berangkat dari Pontianak pada Jumat pagi (24/08/2018) dan sampai ke lokasi pada sore harinya.

Rangkaian acara mulai digelar pada saat malam hari, yaitu malam perkenalan dengan warga sekitar serta dilanjutkan dengan Nonton Bareng Film Pendidikan “Tanah Surga katanya”.

Acara kemudian dilanjutkan keesokan harinya, yaitu dimulai dengan Upacara Bendera kemudian Penyerahan Bantuan secara simbolis dari Perwakilan PLN Kalbar dan dilanjutkan dengan Sosialisasi Kelistrikan dari PLN serta Sosialisasi Cuci Tangan Pakai Sabun.

Acara utama dari kegiatan ini adalah kegiatan Teaching (Mengajar), yang dilakukan oleh relawan masing-masing sesuai kelasnya.

Setelah itu dilanjutkan dengan Pemeriksaan Kesehatan Gratis untuk Warga dan di sore hari ada perlombaan seru untuk adik-adik di sekitar Sekolah.

Danang Fedianto, selaku Ketua Panitia dalam sambutan nya mengatakan bahwa kegiatan TNT 11 ini, diikuti oleh relawan yang memiliki latar belakang berbeda, tidak semuanya berprofesi sebagai guru, seperti ada dokter, pegawai swasta, ASN dan Mahasiswa.

Selain itu, ada juga beberapa relawan yang berasal dari luar Kalbar, seperti Jakarta, Jawa hingga Ternate.

“Saya atas nama komunitas 1000 Guru Kalbar, mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Pihak PLN Kalbar yang telah memberikan donasi kepada SDN 17 Nanga Tayap, berupa sarana-prasarana belajar, perlengkapan olahraga, perlengkapan seni dan lain sebagainya,” katanya.

Tak lupa ia juga menyampaikan terima kasih, kepada warga Dusun Sungai Durian yang telah menyambut dan menerima layaknya seperti keluarga.

Bapak Nikolaus Mukin selaku Kepala Sekolah, juga berterima kasih atas donasi yang telah diberikan.

Ia berharap, semoga apa yang telah diterima bermanfaat untuk para siswa, baik untuk kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan ekstrakurikuler.

Karena di SD tersebut, menurut keterangan Nikolaus, setiap tahunnya para siswa mengikuti O2SN dan kadang harus pinjam alat musik (keyboard) ke sekolah lain.

Dalam upacara bendera tersebut, perwakilan PLN Kalbar, yang diwakili oleh Bapak Ibnu Rajiman, selaku Manajer PLN Rayon Sandai, bersama Bapak Agi Risnandar, selaku Spv Humas & PKBL dalam sambutannya menyampaikan bahwa, donasi yang diberikan adalah bentuk kepedulian PLN dalam memajukan pendidikan di daerah.

“Semoga apa yang PLN berikan ini bisa membantu siswa dan guru dalam kegiatan belajar serta bisa memotivasi adik-adik untuk terus semangat bersekolah agar masa depan yang lebih cerah sebagaimana slogan PLN, listrik untuk kehidupan yang lebih baik” ujarnya.
Penulis: Bella
Editor: Dhita Mutiasari
Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *