Beberapa Cara Pemanfaatan Limbah Jagung agar Bernilai Ekonomi

Tanaman jagung merupakan komoditas utama tanaman pangan di Indonesia. Jagung juga merupakan salah satu komoditas yang mendapat perhatian utama dan mempunyai prospek yang cukup cerah. Bagian tanaman jagung yang banyak dimanfaatkan adalah bijinya yang dijadikan bahan pangan dan daunnya yang dijadikan pakan ternak ruminansia, sedangkan bagian tanaman jagung yang lain sering tidak dimanfaatkan dan menjadi limbah.

Limbah tanaman jagung biasanya berupa jerami, tongkol, dan klobot atau kulit jagung yang jumlahnya cukup banyak. Sebanyak 20-30% dari setiap 100 kg jagung yang dihasilkan adalah limbah jagung. Limbah ini belum dimanfaatkan secara optimal. Menurut hasil penelitian, 1 hektar tanaman jagung akan menghasilkan 9 ton dan diperkirakan 1,8-2,7 tonnya adalah limbah. Perlu adanya inovasi pemanfaatan limbah jagung ini agar menjadi produk yang lebih bermanfaat. Berikut adalah beberapa contoh pemanfaatan limbah jagung.

Briket Tongkol Jagung

Pembuatan briket dari tongkol jagung dilakukan dengan metode karbonasi atau pengarangan. Karbonisasi merupakan proses pemanasan bahan dalam ruangan tanpa menggunakan oksigen. Pada umumnya suhu yang digunakan sekitar 500-8000C. Pengarangan dilakukan dengan kiln atau tungku pembakaran. Tongkol yang digunakan adalah tongkol yang sudah dikeringkan atau memiliki kadar air kurang dari 15%.

Selanjutnya dilakukan penggilingan untuk menghancurkan bahan yang masih berukuran besar. Kemudian dilakukan penyaringan untuk menyeragamkan bahan tersebut. Hasil saringan dicampurkan dengan bahan perekat berupa tepung tapioka yang sudah dicairkan. Setelah itu bahan siap dicetak dan dikeringkan dan dipakai.

Bioetanol Tongkol Jagung

Tongkol jagung ternyata bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif berupa bioetanol melalui proses fermentasi. Bioetanol merupakan bahan bakar alkohol yang berasal dari proses fermentasi menggunakan bahan baku hayati. Menurut hasil penelitian bahwa satu ton tongkol jagung menghasilkan 142,2 liter etanol.

Potensi produksi limbah tongkol jagung sangat tinggi, maka perlu dilakukan analisa untuk mengetahui cara pemanfaatannya. Kandungan energi yang dihasilkan pada limbah tongkol jagung sebagai bahan baku untuk pembuatan bioetanol dapat digunakan sebagai acuan dalam merencanakan teknologi tepat guna untuk pembuatan bioetanol tongkol jagung dengan skala yang memadai.

Pakan Ternak dari Jerami Jagung

Jerami jagung merupakan limbah pertanian yang banyak terdapat di pedesaan dan hampir merata di lahan kering. Hasil pertanian seperti jerami jagung jika dicampur dengan bahan pakan lain yang mempunyai kandungan nutrisi lengkap akan menghasilkan susunan pakan yang murah. Jerami jagung merupakan sisa dari tanaman jagung setelah buahnya dipanen dan dapat diberikan pada ternak baik dalam bentuk segar maupun dalam bentuk kering. Pemanfaatan jerami jagung sebagai pakan ternak telah dilakukan terutama untuk ternak sapi, kambing, dan domba.

Salah satu pengolahan limbah jagung sebagai pakan ternak adalah dengan memanfaatkan limbah tersebut menjadi complete feed block (CFB). Dengan CFB ini, selain dapat mencukupi kebutuhan nutrisi ternak, dari segi biaya dapat bersaing dengan ransum komersil di pasaran.

Kerajinan Kulit Jagung

Kulit jagung seringkali tidak dimanfaatkan atau hanya dibuang oleh para petani. Padahal dengan sedikit sentuhan kreativitas, kulit jagung ini dapat dijadikan hasil karya yang bernilai seni dan ekonomi. Pembuatan kerajinan kulit jagung dimulai dengan pengupasan jagung secara manual agar diperoleh kulit yang utuh. Proses selanjutnya adalah pemberian warna kulit jagung dengan cara direbus dan diberi pewarna tekstil. Setelah itu, kulit jagung didinginkan dan dikeringkan hingga sekitar 75% kadar airnya hilang.

Kulit jagung sudah cukup kering disetrika agar mendapat bentuk permukaan yang lurus. Dengan kondisi ini kulit jagung bisa dibentuk sesuai dengan kreativitas, misalnya dibentuk menyerupai mahkota bunga atau yang lainnya.

 

Disadur dari Farming.id ditulis oleh Arinda Dwi Yonida

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *