Apindo Berharap Reklamasi Buka Banyak Lapangan Pekerjaan

Multiplier effect dari reklamasi Teluk Jakarta, secara ekonomi sangat besar. Asosiasi Pengusaha Indonesia menilai saat pelaksanaan, proyek reklamasi pantai utara Jakarta ini bisa menyerap puluhan ribu tenaga kerja.

“Lebih dari 20.000 tenaga kerja akan diserap dalam pengerjaan proyek reklamasi di pantai utara Jakarta,” ujar Wakil Ketua Umum Apindo, Suryadi Sasmita, Minggu (14/8/2016).

Menurut Suryadi Sasmita, ada 167 perusahaan yang ikut dalam pengembangan reklamasi Teluk Jakarta. “Mereka tentu membutuhkan tenaga kerja untuk melaksanakan proyek ini,” kata Suryadi.

Puluhan triliun dana yang berputar selama pengembangan proyek reklamasi ini, tambah Suryadi, hanya sebagian dari manfaat ganda yang menjadi dampak positif reklamasi. Suryadi memaparkan jika terbangun, wilayah pulau-pulau buatan ini akan menjadi pusat ekonomi baru.

“Memutar dana milyaran rupiah setiap harinya,” kata Suryadi.

Suryadi menjelaskan, bahwa di pulau-pulau hasil reklamasi ini nantinya akan ada tempat kegiatan bisnis, rekreasi, dan pemukiman. Kegiatan ekonomi di wilayah baru ini, tambah Suryadi, tidak hanya dari penduduk dan warga yang bekerja di sana, tapi juga dari wisatawan yang datang.

“Melihat master plan dari proyek ini yang akan menjadikan Jakarta sebagai Waterfront City, saya yakin setiap hari akan berkunjung ribuan wisatawan domestik maupun manca negara ke tempat itu nantinya,” ujar Suryadi.

Suryadi menerangkan, dengan menerapkan konsep Waterfront City, nantinya akan menjadikan pantai utara Jakarta sebagai wilayah berkelas dunia. Tak kalah bersaing dengan kawasan waterfront Marina Bay Sands di Singapura. “Tak perlu jauh ke luar negeri, nantinya kita juga punya tempat yang seperti Marina Bay, di sini,” kata Suryadi.

Sumber: Tribunnews.com

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *