Depok Berkebun; Hijaukan Kawasan Depok

Suka berkebun? Tetapi belum mengetahui seluk-beluk tentang berkebun, atau tidak memiliki wadah untuk melakukannya? Nah, komunitas yang satu ini punya jawabannya, yakni komunitas Depok Berkebun.
Komunitas Depok Berkebun hadir di kawasan kita berawal dari perbincangan-perbincangan sekelompok warga yang membahas tentang masalah lingkungan di Kota Depok, misalnya penebangan pohon yang menyebabkan pemanasan global. Lantas munculah ide tentang urban farming sebagai wacana. Di bulan Agustus 2011 Depok Berkebun pun terbentuk.
Wacana urban farming itu direalisasi dengan membuat berbagai kegiatan yang memanfaatkan ruang terbuka hijau. Komunitas ini memiliki konsep fun agar semua orang merasa senang dalam menjalaninya. Hampir setiap minggu Depok Berkebun kumpul bareng. Acara kumpul ini diisi dengan saling berbagi antara anggotanya tentang perkebunan dari penanaman sampai panen. Sampai saat ini, anggota yang sudah bergabung dengan komunitas ini sekitar 30 orang.
Tujuan kehadiran komunitas warga yang suka berkebun ini sederhana, hanya ingin membuat Depok nyaman. Tidak hanya itu, komunitas ini kerap menyoroti persoalan-persoalan lingkungan dan ingin menginspirasi warga akan kesadaran penghijauan.
“Harapan-harapan dengan adanya komunitas ini adalah makin banyak lahan terbuka hijau yang dimanfaatkan, dikelola oleh masyarakat sehingga benefit-nya bisa dirasakan oleh masyarakat luas. Selain itu, kotanya juga menjadi nyaman serta meminimalisir masalah-masalah yang ada di kota Depok” tutur Eko, koordinator Komunitas Depok Berkebun.
Bagaimana dengan Anda, siap untuk hijaukan Depok? Bila tertarik, gabung saja di komunitas ini dan mulailah saling berbagi.
Sumber: Depokklik
Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *