Ciricc, Gabung Komunitas Jadi Ladang Ilmu

Komunitas biasa menjadi media penyalur hobi. Bertemunya individu yang memiliki hobi sama, tak jarang komunitas menjadi keluarga kedua bagi para member. Kopdar rutin, sharing, touring bersama dan melakukan banyak kegiatan lainnya.  Di Cirebon komunitas otomotif, baik roda dua dan empat cukup banyak jumlahnya. Komunitas Indonesia City Club Indonesia chapter Cirebon atau biasa disebut Cirebon of Indonesia City Club (Ciricc) belum lama ini mendeklarasikan diri, tepatnya 18 Februari 2017.

Menggunakan kendaraan yang sama (Honda City, red) jadi ladang ilmu baru antar member, sebab berkendara bukan hanya soal mesin dan aksesoris. Lebih dari itu member juga biasa sharing tentang pengalaman lain.  Pengurus Ciricc Chapter Cirebon Wily mengatakan, menjadi bagian sebuah komunitas juga memperluas jaringan, sebab bukan hanya dari Cirebon. Ciricc juga ada terdiri dari beberapa chapter lain, seperti Jakarta, Pekanbaru Surabaya serta Bandung. “Kami ingin komunitas bukan cuma sekedar kumpul tapi juga bisa kasih sesuatu yang positif,” kata Wily.  Upaya untuk berkontribusi pada sekitar diwujudkan melalui program kerja. Selain membangkitkan kesadaran pelopor keselamatan berkendara, hal lain yang dilakukan ialah kepedulian dalam menjaga dan melestarikan adat istiadat leluhur Cirebon yaitu dengan berziarah ke makam Sunan Gunung Jati.  Hal ini juga sebagai refleksi diri secara spiritual.

Komunitas yang kini memiliki 20 member di wilayah chapter Cirebon ini tak menutup pintu untuk menambah member baru, semakin banyak anggota artinya makin banyak pula saudara. Dari 20 member empat diantaranya perempuan.  Wily mengaku, justru hal ini jadi sesuatu yang baru, artinya hobi otomotif bukan hanya milik kaum adam tetapi perempuan pun mungkin saja punya ketertarikan yang sama pada otomotif. Apalagi perempuan biasanya minim seputar kendaraan, baik itu itu modifikasi atau mesin. Komunitas menjadi cara mendapat ilmu baru, setidaknya hal-hal simpel tentang berkendara dan penanganan awal saat mobil mengalami gangguan di jalan. “Itu salah satu keuntungan bergabung di komunitas,” imbuhnya.

Sumber: Radar Cirebon

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *