Komunitas Filantropi Pendidikan: Bantu Penuhi Hak Pendidikan Masyarakat Marjinal

Komunitas Filantropi Pendidikan (KFP) adalah sebuah gerakan kerelawanan yang mengajak khalayak untuk sama-sama ambil bagian dalam proses pemenuhan hak pendidikan masyarakat marginal. Kami mempunyai mimpi, tidak ada lagi kesenjangan pendidikan antara anak-anak yang lahir di kota besar dengan anak-anak yang lahir di daerah terdepan, tertinggal, terpelosok dan terluar. Kelak, Republik ini akan dipenuhi kaum terdidik yang siap ambil bagian membangun bangsanya.
Komunitas ini digagas oleh teman-teman dari Divisi Pendidikan Dompet Dhuafa pada tahun 2012, dan menjaring relawan sebagai trainer untuk pelatihan guru. Kemudian, Komunitas Filantropi Pendidikan mengembangkan gerakan School Social Responsibility dengan kegiatan Training Cerdas Sosial melakukan roadshow ke sekolah-sekolah di kota besar. Selain itu, komunitas ini juga mengembangkan gerakan untuk membantu pendidikan di daerah perbatasan dengan berbagai kegiatan seperti Gemari Buku, Satuasa, Ruang Inspirasi dan Cuti Berbagi.
 
Pendidikan adalah aspek penting dalam kehidupan manusia. Bagaimana tidak, transformasi dan sosialisasi informasi, pengetahuan, nilai moral dan budaya merupakan inti dari aktifitas pendidikan itu sendiri. Demikian pentingnya peran pendidikan, sehingga dapat dijadikan tolok ukur kemajuan dan pembangunan suatu Negara. Saat ini Komunitas KFP telah mengirimkan lebih dari 6000 buku ke 16 kabupaten di seluruh Indonesia dan memiliki dua taman baca di Sebatik dan Rote Ndao.
FOTO: DOK. AKUN INSTAGRAM Relawan_KFP
Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *