Ilham Buana: Mengibarkan Semangat Juang Diponegoro MUN Society

Ilham Buana merupakan mahasiswa manajemen angkatan 2013 di Universitas Diponegoro, Semarang. Ilham sekarang menjabat sebagai ketua dari Diponegoro MUN Society. MUN merupakan kepanjangan dari Model of United Nations atau Simulasi Sidang PBB. Ilham merupakan salah satu mahasiswa yang getol mengikuti serangkaian MUN baik dalam skala nasional maupun internasional. Ia telah mengikuti London International Model United Nation, loh! Sangat super. Bersama teman-teman yang juga aktif mengikuti MUN, Ilham menghidupkan impian terwujudnya Diponegoro MUN Society. Ia berpendapat bahwa teman-teman yang pernah duduk di kursi MUN khususnya MUN internasional merupakan teman-teman yang dapat diajak bekerjasama dalam ajang bertukar pikiran dan berbagi pengalaman dalam mengikuti MUN.

Diponegoro MUN Society dibentuk dengan tujuan untuk sarana berbagi pengalaman dan ilmu bagi mahasiswa-mahasiswi Universitas Diponegoro yang sering dan akan berangkat untuk MUN. Ilham sendiri sudah pernah menjadi chair (moderator dalam sidang) dalam tiga MUN yang pernah berlangsung; Diponegoro MUN, ALSA MUN, dan IRDU MUN. Keren ya? Ilham memang memiliki quote favorit; “If you’re the smartest person in the room, then you’re in the wrong room”.

Dari paparan Ilham, untuk mewujudkan terbentuknya Diponegoro MUN Society terdapat berbagai kendala. Salah satu kendala yang dihadapi adalah pergantian Pembantu Rektor III, yang menyebabkan Ilham dan Diponegoro MUN Society mengalami kesusahan untuk menyesuaikan dengan kebijakan-kebijakan beliau. Tapi bukan Ilham namanya kalau gampang menyerah. Ilham, beserta teman-teman tetap giat untuk melobi rektorat untuk mendapat kemudahan dalam berorganisasi. Kini, mahasiswa-mahasiswi Diponegoro MUN Society menjadi lebih mudah dalam berjejaring dan berorganisasi. Semua kemudahan itu tidak lepas dari perjuangan Ilham dan kawan-kawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *