PANDORA SQUAD: Tempat Bermuara Para Pelaku Insan Visual di UIN Jakarta

Pandorasquad adalah sebuah aliansi grafis yang berbentuk komunitas mahasiswa di Universitas Islam Negeri Jakarta. Pandorasquad dapat dibilang adalah tempat bermuaranya para pelaku insan Visual di UIN Jakarta, yang merupakan aliansi grafis berbasis komunitas independen atau bebas yang tidak terikat oleh UKM, LSO ataupun lembaga-lembaga kampus lain.

Pandorasquad berdiri tanggal 4 Februari 2010 yang berawal dari kumpul sederhana 9 Mahasiswa UIN Jakarta yang memiliki kesukaan dalam dunia kreatif. Berangkat dari keinginan untuk menghidupkan atmosfir grafis yang saat itu belum menggeliat di ranah kampus terncinta, pandorasquad memiliki misi awal yang sederhana yaitu mengumpulkan para pelaku-pelaku grafis yang tersebar di seantero kampus dalam satu wadah untuk saling sharing, berkembang dalam satu kesatuan dan berkreasi bersama.

Nama pandorasquad sendiri secara harfiah terdiri dari dua kata, yaitu ‘pandora’ yang dalam bahasa Yunani memiliki arti ‘berbakat’dan kata ‘squad’ yang dalam bahasa inggris berarti ‘sebuah tim’. Nama pandora yang diperuntukan untuk nama perempuan Yunani-pun memiliki filosofi tersendiri untuk komunitas ini dimana di pandorasquad setiap anggotanya dapat melahirkan karya yang original & spektakuler serta mampu menjadi inspirasi untuk orang lain. dan Setiap anggota di pandorasquad disebut dengan ‘pandorasquad fighter’  atau ‘fighter saja.

#KumpulPS adalah kegiatan rutin para fighters untuk saling sharing, berbagi tutorial grafis dan informasi terbaru di dunia kreatif bahkan hunting foto bersama.  Selain itu, komunitas ini juga menggalakkan program #OWOW sebuah akronim dari One Week One Work, dimana setiap fighters pandorasquad diharapkan menghasilkan satu karya baru setiap #kumpulPS sebagai pilot project untuk dijadikan topik diskusi & sharing serta sebagai aktualisasi kualitas visual setiap fighters yang ingin terus belajar berkembang. Sementara, untuk me-refresh kembali ide dan mencari inspirasi segar,kami namakan #KongkowPS yaitu sebuah program dimana para fighters menyambangi event-event kreatif yang ada. Dan terakhir, ada kegiatan #StandPS jika pandorasquad ikut dalam event-event kretif tersebut.

Saat ini komunitas ini masih terus berusaha untuk menghimpun pelaku grafis di seluruh kampus UIN Jakarta dan ikut berperan aktif dalam perkembangan dunia kreatif baik dalam dan di luar kampus. Anggota yang tergabung dalam pandorasquad terdiri dari fotografer, illustrator, kaligrafer dan desainer grafis dari berbagai Fakultas yang ada di UIN Jakarta.

FOTO: DOK. PANDORA SQUAD

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *