Rumah MC Indonesia: Sarana Untuk Berbagi Ilmu dan Skill Public Speaking

Rumah MC Indonesia didirikan pada tanggal 18 November 2012 di Depok oleh dua orang perempuan yang saat itu masih berstatus sebagai mahasiswa tingkat akhir yang memiliki kesamaan passion dan profesi sebagai MC, yaitu Alicia Van Akker dan Restu Diantina Putri. Berawal dari mimpi, kami membuat konsep Agency khusus MC yang dikelola secara profesional dengan menetapkan standart bagi para MC yang akan bergabung sebagai MC Member. Konsep dari Rumah MC ini adalah Bisnis dan Sosial berjalan beriringan dan hal ini dituangkan dalam Agency dan Komunitas. Melalui Agency lah Rumah MC berbisnis, dan komunitas menjadi sarana untuk berbagi ilmu dan skill Public Speaking. Saat ini Rumah MC menjadi One Stop Service for Public Speaking.

Komunitas Public Speaking ini adalah sarana untuk give back skill yang dimiliki Rumah MC dengan berbagai program yang mendukung untuk pengembangan MC Friends, seperti #MonthlyHello yang merupakan kelas belajar satu bulan sekali, #Dare2Speak adalah kelas PRAKTIK bicara dengan topik yang umum. #MClass adalah kelas PRAKTIK untuk belajar MC. Selain itu, ada juga Komunitas MC yang disebut dengan #MClub, namun terbatas hanya untuk siswa sekaligus ikatan alumni di Academy RMC.

Berbagai program dari Rumah MC diantaranya #One4One yang merupakan program CSR  dimana setiap kali deal 1 kontrak kerjasama di agency, maka Rumah MC akan memberikan FREE pelatihan public speaking untuk sekolah yang termasuk kategori menengah kebawah. Selain itu, ada #Dolls4Daughters, kegiatan sosial dengan mengumpulkan boneka untuk diberikan kepada adik – adik yang sedang sakit di Puskesmas sejak tahun 2013. Rumah MC juga berpartisipasi dalam bidang lingkungan dengan menerapkan Green Business  dengan menerapkan paperless, yaitu menekan penggunaan kertas. Dan salah satu gagasannya #GreenClass menang dalam perlombaan essay yang diselenggarakan oleh UNORCID pada bulan April 2015.

Pada tahun 2015 ini Rumah MC melakukan re-brand nama majalah serta ada perubahan konsep dari RMC Magz menjadi speaKing magz, yang memiliki filosofi sebagai Raja-nya dari bidang public speaking. Majalah ini adalah majalah public speaking pertama di Indonesia dan diterbitkan dalam bentuk digital, yang pada tahun ini terbit dengan dua bahasa, yaitu Indonesia dan Inggris. Majalah digital adalah salah satu bentuk kontribusi kami dalam bidang lingkungan.

Indonesia Public Speaking Festival merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Rumah MC dan merupakan event public speaking terbesar se-Indonesia. Dalam event ini terdapat pre-event yang meliputi Campus Roadshow, School Explore, Meetup Community. Main Event yang meliputi Public Speaking Class dan MC Choice Award (lomba MC terbesar se-Indonesia) serta Post Event yang meliputi Charity dan Social Movement. Saat ini Rumah MC Indonesia memiliki Agency MC, Academy MC, Komunitas MC, Komunitas Public Speaking, Majalah Public Speaking dan event Indonesia Public Speaking Festival yang menyelenggarakan MC Choice Award, yaitu kompetisi MC terbesar se-Indonesia yang telah sukses diselenggarakan pada tahun 2014 kemarin.

Sumber: http://rumahmc.com/tentang-kami

FOTO: DOK. RUMAH MC Indonesia

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *