KISA: Perkenalkan Literasi Media untuk Anak-Anak

Berawal dari keprihatinan terhadap banyaknya dampak buruk internet, serta adanya keinginan supaya anak-anak bisa memanfaatkan internet secara sehat dan positif, maka pada 10 November 2015, Rita Nurlita, seorang penulis dan PNS di Pemerintah Kota Depok, membuat Komunitas Internet Sahabat Anak (KISA).

Komunitas Internet Sahabat Anak (KISA) merupakan sebuah komunitas yang bertujuan untuk memberikan literasi media digital kepada anak-anak dan remaja. Sehingga anak-anak diharapkan bisa mengetahui cara memilih konten yang baik untuk dirinya, dan bisa memanfaatkan internet secara bijak dan bermanfaat.

Kegiatan yang sudah dilakukan saat ini adalah mengadakan seminar parenting tentang pencegahan dampak buruk gadget dan internet kepada pelajar dan orang tua. Selain itu, KISA juga memberikan penyuluhan/sosialisasi ke sekolah terkait cara memanfaatkan internet. Kedepannya, KISA akan mengagendakan berbagai program untuk memperkenalkan dampak positif internet bagi anak-anak seperti seminar, workshop membuat games, pengenalan internet sehat pada pelajar, pengembangan modul internet sehat, dan sebagainya.

Saat ini, komunitas yang memiliki visi untuk membangun anak Indonesia yang cerdas, kreatif, berkarakter, dan berwawasan global, memiliki 7 orang relawan sebagai pengurus inti, yang memiliki keahlian di bidang masing-masing seperti media sosial, desain, IT, dan video. Tim inti inilah yang siap membantu menjadi fasilitator dan memberi praktek internet sehat kepada anak-anak.

FOTO: DOK. Komunitas Internet Sahabat Anak

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *