Komunitas Wing Chun Harimau Besi Tangerang, Asah Seni Bela Diri

Berawal dari kesuksesan film IP Man di layar lebar, seni bela diri Wing Chun kini mendunia. Bela diri asal Tiongkok ini diperkenalkan secara luas oleh praktisi dan guru besar Wing Chun, IP Man. Bruce Lee merupakan salah satu muridnya yang berkiprah hingga kancah internasional.

Di Tanah Air, seni bela diri Wing Chun pun mulai banyak digemari. Ini terlihat dari banyaknya bermunculan perguruan Wing Chun di beberapa daerah. Di Kota Tangerang misalnya, baru-baru ini berdiri Wing Chun Harimau Besi Tangerang. Meski baru berdiri sejak 2015 silam, komunitas ini terbilang aktif. Mereka rutin mengikuti berbagai kegiatan yang ‘berbau’ seni bela diri. “Nanti saat perayaan Imlek kami akan tampil di salah satu mal terbesar di Gading Serpong untuk mempertunjukkan Wing Chun,” ujar Noviandi Nurmansyah, Pelatih Wing Chun Harimau Besi Tangerang.

Menurut pria yang akrab disapa Andi ini, Wing Chun Harimau Besi tidak hanya melatih soal bela diri, tapi juga kesehatan mental, jiwa dan raga. Tak ketinggalan, soal tata krama dalam berbudaya. “Sebenarnya kami ingin mencetak seorang ahli bela diri yang berakhlak. Bukan sekadar piawai bela diri saja. Untuk itulah bela diri ini diajarkan,” ungkapnya.

Wing Chun mengajarkan banyak teknik bela diri tangan kosong serta menyerang dengan lihai dan halus.  “Ada beragam teknik kuncian sekaligus seni olah pernapasan Chikung yang halus (yin) dan kasar serta penguasaan teknik penguatan otot dengan tangan kosong dan senjata. Teknik tersebut sangat baik untuk menjaga diri, terutama bagi wanita,” jelasnya.

Komunitas yang rutin menggelar latihan bersama di GOR Balai Rakyat Tangerang ini, punya misi untuk mengajarkan, menyebarkan, sekaligus mempopulerkan seni bela diri Wing Chun ke khalayak.

Foto dan narasi diambil dari sumber.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *