akumassa: Kolaborasi Dengan Komunitas Untuk Pelaksanaan Lokakarya

Program Pendidikan Media Berbasis Komunitas, atau biasa disebut akumassa, adalah sebuah program pemberdayaan media yang digagas oleh Forum Lenteng sejak tahun 2008, berkolaborasi dengan komunitas-komunitas lokal di beberapa daerah di Indonesia untuk melaksanakan lokakarya dan memproduksi beragam bentuk media komunikasi (tulisan, gambar/foto, audio, dan video).

akumassa (gabungan dari dua kata: “aku” dan “massa”) dicanangkan oleh Forum Lenteng sebagai sebuah kerja media komunitas yang mengedepankan perspektif warga untuk menanggapi fenomena sosial, khususnya narasi-narasi kecil dan peristiwa massa yang identik dengan sebuah lokasi, serta isu media yang sesuai dengan konteks sejarah dan perkembangan kontemporernya. Program ini menggunakan dasar pemikiran literasi media dan pendekatan-pendekatan jurnalisme warga.

Foto dan narasi diambil dari laman web akumassa.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *