Komunitas DOB Selenggarakan Penyuluhan Bahaya Demam Berdarah Dengue (DBD)

Komunitas masyarakat “Desa Siaga Olah Bebaya” (DSOB) di Desa Kaliorang, Kecamatan Sangkulirang yang memang dikenal konsen terhadap masalah kesehatan, kembali melaksanakan kegiatan positif.

Paling akhir, Komunitas DOB bekerjasama dengan Puskesmas Kaliorang menyelenggarakan penyuluhan tentang bahaya demam berdarah dengue (DBD). Penyuluhan dilaksanakan secara maraton dari desa ke desa, melibatkan aparat desa untuk mengumpulkan warga.

“Pelaksanakan penyuluhan di Kaliorang dilatarbelakangi adanya kasus DBD yang pernah terjadi beberapa waktu lalu,” kata Andy Magdalena, narasumber sekaligus kader DSOB Kaliorang, belum lama ini.

Tujuan dari penyuluhan tak lain untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat Kaliorang bahaya penyakit DBD dan bagaimana cara mencegahnya. Sehingga penyakit DBD tidak meluas kedaerah lainnya, terlebih musim penghujan telah datang.

Penyuluhan dilaksanakan di tiga tempat yaitu di Marang yang dihadiri 56 warga. Penyuluhan ditempat ini berlangsung selama 1,5  jam. Diwaktu lainnya penyuluhan dilaksanakan didaerah  Camp 3 dan Air Putih, semuanya di Kecamatan Kaliorang diikuti oleh puluhan warga.

Aparat desa dan masyarakat tampak antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan penyuluhan. Bahkan Kades Kaliorang M Asri sangat mengapresiasi kegiatan dimaksud. Disetiap acara dia terus mendampingi kegiatan penyebarluasan informasi tentang bahaya DBD tersebut.

Setelah kegiatan, biasanya Kader DSOB membagikan Bubuk Abate untuk memberantas jentik nyamuk Aedes Aegypti, pembawa virus DBD. Namun, karena jumlah Bubuk Abate yang terbatas, tidak semua warga mendapat bagian.

Tetapi Bubuk Abate tetap dibagikan dengan memprioritaskan rumah warga yang sangat berpotensi menjadi tempat berkembangbiak nyamuk.

Selain itu masyarakat juga diimbau untuk melakukan 3M yakni menutup, menguras dan menimbun barang-barang bekas penampung air. Sehingga berbagai jenis nyamuk tidak dapat berkembangbiak.

Kemudian masyarakat diminta untuk hidup sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan.

Sumber: kliksangatta

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *