Komunitas Pramuka Peduli Kampaye Kepedulian Lingkungan Hidup Saat Jelajah Alam Festival Tambora 2016

Komunitas Pramuka Peduli  mengadakan ajang kampaye lingkungan dengan thema “Kepedulian Lingkungan Hidup saat jelajah alam Festival Tambora 2016 di Doro Ncanga Kamis, (14/04).
Arief Rachman Koordinator Komunitas Pramuka Peduli mengatakan Kampanye juga mengajak adik – adik pramuka yang juga sedang melakukan Jambore Konservasi 13 – 16 April 2016.
“Kami memanfaatkan acara jelajah alam mengkampanyekan lingkungan hidup menyambut Hari Bumi 22 April 2016 mendatang,” jelas Arief.
Kampanye yang dilakukan Komunitas Pramuka Peduli tidak semata-mata untuk memberikan informasi masalah lingkungan hidup, tetapi yang lebih penting bagaimana merangsang adik – adik generasi muda  agar mau terlibat mengatasi masalah yang ada.
“Saat jelajah alam sejauh 9 KM kami memunguti sampah palastik yang berserakan dijalur pendakian Doro Ncanga,” jelas Arief
Ketua Tim Jelajah Komunitas Pramuka Peduli, Dahlan mengatakan tujuan kegiatan ini adalah  adalah tanpa disadari peserta kegiatan merupakan produsen limbah yang sulit untuk didaur ulang seperti kantong pelastik, makanan/minuman dalam kemasan kaleng/plastik. Selain itu limbah beracun seperti; baterai bekas, bekas alat elektronika, tabung kimia pembasmi seranga, cairan pembersih lantai dll.
“Nah, Hal ini tanpa disadari memiliki andil dalam perusakan aliran sungai, perusakan daerah resapan air dan sebagainya,” jelas Dahlan yang juga pembina pramuka SMAN 1 Belo
Dahlan juga mengapresiasi Penyelengara kampanye lingkungan hidup yang dilakukan Komunitas Pramuka Peduli di kegiatan – kegiatan yang bertaraf internasional yang melibatkan banyak peserta.
Menurut Dia, sesungguhnya merupakan salah satu strategi untuk mendekatkan program pelestarian lingkungan dengan sasarannya adik – adik generasi muda, dengan harapan dengan pola komunikasi dan edukasi sosial seperti ini, adik – adik pramuka dan masyarakat umum  tergerak untuk cinta dan peduli lingkungan.

Sumber: DradioQu.com

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *