Komunitas Tanoker Jawab Kebutuhan Web Desa Melalui Pelatihan Jurnalisme Warga

Untuk menjawab kebutuhan web desa, pemerintah desa harus menyiapkan pelatihan jurnalisme warga. Hal itu untuk menjawab tuntutan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik. Transparansi informasi ini juga menuntut warga desa belajar bagimana menyampaikan informasi sesuai kebutuhan. Salah satunya dilakukan komunitas Tanoker Ledomombo dengan memberikan pendampingan dan pelatihan menulis untuk warga Desa Sumbersalak Ledokombo.

Menurut Koordinator Informasi dan Jaringan Tanoker Ledokombo, Grasia Renata Lingga, kebutuhan web desa bukan sebatas transparansi anggaran semata, namun pemenuhan hak masyarakat untuk menyuarakan aspirasinya melalui web desa. Dari pendampingan yang dilakukan kepada 30 orang warga, semua antusias dalam mengikuti pelatihan penulisan yang nantinya akan disajikan dalam web desa. Meski mereka berprofesi sebagai petani dan buruh, namun tidak mengecilkan semangat mereka untuk  belajar menulis.

Jurnalisme warga ini sebagain besar menulis tentang pendidikan, kesenian tradisonal, serta kesehatan anak. Kegiatan penulisan di web desa ini diharapkan bisa menumbuhkan citizen jurnalism di masyarakat.

Sumber: Prosalina Radio

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *