Aksi Tanam Pohon Karang Taruna Kabupaten OKU dan Sejumlah Komunitas Biker

Dalam memperingati Hari Bumi tahun 2016, Karang Taruna Kabupaten OKU Selatan bersama sejumlah komunitas biker, kelompok mahasiwa pencinta alam dan sejumlah masyarakat diwilayah Kecamatan Warkuk Ranau Selatan melaksanakan aksi penyelamatan bumi dengan melaksanakan penanaman pohon di kawasan danau Ranau Gunung Seminung.

Ketua Karang Taruna Kabupaten OKU Selatan, Andie Dinialdie SE MM mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan karang taruna bersama sejumlah komunitas seperti para pencinta alam, mahasiswa, komunitas motor dikawasan Danau Ranau dan gunung Seminunug dalam rangka peringatan Hari Bumi.

“Kegiatan yang dilaksanakan sesaui dengan tema peringatan Hari Bumi yakni penyelamatan Bumi dengan menanam pohon. Ini kami laksanakan di kawasan Wisata Danau Ranau dan gunung Seminung,” kata Andie disela-sela kegiatan, kemarin (22/4).

Diterangkan Andie, kegiatan ini sebagai upaya mengajak masyarakat khususnya kalangan muda untuk peduli akan kondisi alam saat ini. Disamping sebagai upaya penyelamatan dari kerusakan yang diakibatkan banyak faktor.

“Momentum Hari Bumi ini sangat tepat untuk menanmkan rasa peduli di kalangan generasi muda, karena dengan berbuat sekecil apapun untuk penyelamatan bumi dari kerusakan adalah upaya kita untuk mewariskan bumi pada generasi mendatang,” terang Andi yang mengajak masyarakat sekitar kawasan wisata Danau Ranau untuk turut peduli menjaga alam dan lingkungan disekitar.

Sementara Wakil Bupati OKU Selatan, Sholihien Abuasir mengatakan, Pemerintah memberikan apresiasi kepada para tokoh pemuda yang di prakarsai Karang Taruna Kabupaten OKU Selatan untuk menggalang aksi penyelamatan bumi dengan penanaman 1001 pohon di kawasan Gunung Seminunug Danau Ranau.

“Hendaknya momentum ini jangan hanya dijadikan sebagai ceremony belaka, tapi harus dijadikan sebagai upaya atau gerakan yang harus menjadi suri tauladan kita bersama dalam menjaga lingkungan. Kami juga berharap kepada seluruh pemuda untuk dapat mengkampayekan penanaman pohon tersebut di seluruh wilayah Kabupaten OKU Selatan,” ujarnya saat melepas langsung peserta peringatan Hari Bumi di halaman Pemkab OKU Selatan.

Dikatakannya, Hari Bumi adalah hari penyelamatan pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun pada tanggal 22 april dan diperingati secara internasional. Hari bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi.

Dicanangkannya Hari Bumi pada 1970 lalu, oleh senator Amerika Serikat Gaylord Nelson yang merupakan seorang pengajar lingkungan hidup.

“Kini tugas kita untuk bersama menyelamatkan bumi, karena bumi merupakan warisan bukan untuk kita, tetapi untuk generasi mendatang, untuk anak cucu kita,” pungkas Sholehein.

Hadir didalam acara tersebut para Asisten, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Kepala Dinas Koperasi, Kadishub, Kadisbudpar, Kadishut, Kadis Perikanan dan Perternakan, Kasat Lantas Polres OKU Selatan Kadin Kesos.

Sumber: Palembang Ekspress

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *