Indonesia Bicara: Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Demokrasi yang ideal membutuhkan kondisi rakyat yang objektif, rasional, serta egaliter. Namun, pada kenyataannya masyarakat Indonesia masih banyak yang bersifat subjektif, irasional dan paternalistik. Bahkan, untuk masyarakat yang telah tergolong objektif pun akan dapat terpengaruh oleh berbagai input informasi yang bias akan kepentingan pemilik modal.

Maka, indonesiabicara.com terwujud sebagai suatu portal berita independen yang berusaha menyuguhkan informasi kepada masyarakat. Misi utama mereka adalah menjadi suatu badan pers independen yang berusaha menyuguhkan fakta yang sebenarnya ke masyarakat secara apa adanya, serta turut serta dalam upaya mencerdaskan masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta menjadi kekuatan ke-3 dalam mengawasi dan mengontrol kebijakan pemerintah.

Salah satu suguhan berbeda dari IndonesiaBicara adalah kolom Seminar dan Diskusi yang akan secara komprehensif menyajikan liputan mengenai berbagai seminar atau diskusi yang diadakan. Mereka sengaja tidak banyak melakukan pengeditan dalam kolom ini untuk mempertahankan netralitas mereka, jadi apa yang mereka sampaikan adalah benar-benar apa yang terjadi atau terucap dalam diskusi tersebut.

Website IndonesiaBicara merupakan pilot project, dan saat ini masih dalam tahap beta version dan akan terus mengalami perbaikan. Mereka melihat salah satu cara untuk lebih cepat memahami atau menguasai sesuatu adalah dengan langsung terjun di dalamnya dan bertindak dalam tataran praktis sehingga dapat langsung melihat kelebihan dan kekurangan platform yang mereka gunakan saat ini. Dengan keterbatasan sumber daya, mereka akan semaksimal mungkin mengupayakan situs IndonesiaBicara bisa full release secepatnya.

Foto dan narasi diambil dari sumber.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *