Komunitas Ilmu Berbagi; Berbagi dengan uang, pengetahuan maupun waktu luang

Ardiansyah atau ardisragen, yang saat ini bekerja sebagai dosen di Departemen Teknik Elektro Universitas Indonesia, lahir dari keluarga tidak mampu di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Walau hidup dalam keterbatasan lantaran kesulitan ekonomi, namun kondisi tersebut tak menyurutkan semangatnya untuk bisa mendapatkan pendidikan tinggi. Berkat kegigihannya, akhirnya ia mendapatkan bantuan Beasiswa Etos dari Yayasan Dompet Dhuafa selama menimba ilmu di Program Sarjana Teknik Komputer, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI).

Merasa sangat terbantu dan mendapatkan banyak manfaat dari Program Beastudi Etos Dompet Dhuafa, membuat pria yang lahir pada 1 Agustus 1987 ini, semangat untuk dapat pula berbagi kepada orang banyak. Pada tahun 2009 Ardi menginisiasi gerakan berbagi ilmu dengan tagar #ilmuberbagi” melalui blognya ardisragen.net ataupun kicauan di media sosial. Gerakan yang awalnya diikuti oleh murid-murid dan kawan-kawannya, semakin berkembang, sehingga dapat diakses oleh lebih banyak orang. Maksud dari  gerakan imu berbagi adalah untuk belajar berbagi, mulai dari apa yang dimiliki baik itu ilmu pengetahuan, uang, waktu dan lain sebagainya dengan harapan dapat berbagi secara berkelanjutan hingga berbuah amal yang bermanfaat bagi kebaikan dan kemaslahatan orang banyak.

Seiring berjalannya waktu semangat #ilmuberbagi pun meluas, hingga terbentuklah Komunitas Ilmu Berbagi pada awal tahun 2013. Komunitas ini dimotori oleh Andini (yang sekarang menjadi istrinya) dengan mengadakan kegiatan offline untuk pertama kalinya, yakni kegiatan penggalangan dana dan buku untuk mendirikan Perpustakaan Sejuta Buku untuk Anak Indonesia (SeBuai) di Babelan, Bekasi. Saat ini gerakan #ilmuberbagi, diikuti ratusan relawan yang menjadi sobat Komunitas Ilmu Berbagi yang terus menyebarluaskan semangat ini. Para relawan ini tersebar di beberapa pulau di Indonesia, bahkan hingga masyarakat Indonesia di mancanegara pun turut berpartisipasi, seperti di Korea, Hongkong, Jepang dan Eropa.

Pada tahun 2014, seluruh sobat Komunitas Ilmu Berbagi sepakat untuk memiliki sebuah organisasi legal yang mewadahi Komunitas Ilmu Berbagi dalam Berbagi Berkelanjutan melalui berbagai program dan layanan (khususnya di bidang pendidikan) baik secara online maupun offline. Setelah melalui berbagai proses, maka Sejak 20 Mei 2014, Organisasi non-profit Ilmu Berbagi Foundation resmi terbentuk berdasarkan akta notaris dan legalitas Kementerian Hukum dan HAM nomor AHU-01963.50.10.2014. Saat ini Sekretariat Ilmu Berbagi Foundation berada di Rumah Komunitas IBF di Jalan Pandega Siwi no.14b, Kaliurang KM 5,6 Sleman Jogjakarta.

Ilmu Berbagi Foundation, sebagai Wadah Sobat Komunitas Ilmu Berbagi untuk dapat Berbagi Berkelanjutan, merancang berbagai program dan layanan baik online maupun offline dengan harapan dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia. Saat ini Ilmu Berbagi Foundation memiliki 3 buah Program yakni Program Kegiatan Online, Program Kegiatan Offline dan Beasiswa. Program Kegiatan Online terdiri dari program “Berbagi Tulisan, Berbagi Video, Berbagi Buku, IB Webinar dan IB Mengudara, sedangkan Program Kegiatan Offline terdiri dari Pelatihan Gratis, Kegiatan Berbagi & Diskusi Ilmu Tematik, IB Goes to School, dan IB Academy. Untuk Program Beasiswa terdiri dari Beastudi Ilmu Berbagi dan Ilmu Berbagi Campus Heroes. Berbagai program tersebut didukung dengan beberapa layanan yang dikembangkan oleh Ilmu Berbagi Foundation, yang terdiri dari Rumah Komunitas, Aplikasi Quote Berbagi, Market/Toko Online, Jurnal Online, Direktori Sobat Komunitas, dan Portal Mitra Komunitas Ilmu Berbagi.

Setelah berjalan beberapa tahun, Ilmu Berbagi kini memiliki berbagai komunitas, yakni Sobat Komunitas Ilmu Berbagi, Penerima Beastudi Ilmu Berbagi, Alumni Beastudi Ilmu Berbagi, Alumni Pelatihan Gratis, Peserta IB Campus Heroes, dan Mitra Komunitas Ilmu Berbagi Foundation. Ilmu Berbagi Foundation senantiasa berharap untuk terus dapat berkolaborasi dengan semua pihak dalam melaksanakan program dan layanan sehingga dapat saling memberikan dukungan baik secara langsung maupun tidak langsung dalam gerakan perubahan, berbagi berkelanjutan kepada masyarakat.

Sumber: http://ilmuberbagi.or.id/komunitas-ilmuberbagi/

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *