8 Langkah Jitu Untuk Lihai Berolahraga Parkour

Parkour Jakarta, sebuah komunitas parkour yang berpusat di Jakarta, merangkum filosofi parkour yang dibawa oleh David agar lebih mudah diikuti oleh publik. Taufan Sudewa, Presiden Parkour Jakarta mengungkapkan, bahwa dalam berlatih parkour, ada dua hal yang menjadi acuan, yakni aman dan efisien. “Saat awal mula berlatih parkour, kamu tidak akan langsung salto dari atas bangunan tinggi atau memanjat tiang yang tinggi. Yang terpenting dari berlatih parkour adalah tingkat keamanan dari gerakan yang kamu lakukan. Dalam kelas first timer, kamu akan diajarkan bagaimana cara mendarat yang benar, bagaimana penggunaan otot-otot pada gerakan berguling dan melompat, dan hal-hal semacamnya. Jadi jangan takut dulu ya..” jelas Dewa.

Buat kamu yang tertarik ingin mencoba atau menggeluti parkour, berikut beberapa hal yang diperlukan bagi kamu untuk berlatih parkour;

  1. Niat, pastikan kamu yakin pada diri kamu bahwa kamu ingin menggeluti parkour. Jika niatmu sungguh-sungguh, kamu pasti mudah berlatih mulai dari nol hingga berhasil.
  2. Rasa ingin tahu, jika kamu penasaran sedikit saja dengan mereka yang melakukan aksi parkour, kamu pasti memiliki rasa ingin mencoba untuk melakukannya. Atau paling tidak kamu akan googling aksi-aksi parkour dan cara berlatihnya.
  3. Kurangi kekhawatiran, terutama terhadap tontonan kamu setelah melihat aksi David Belle melompat dari gedung A ke gedung B. David Belle tentunya sudah sangat terlatih sehingga mampu melakukannya. Mengawali latihan parkour bersama Parkour Jakarta atau komunitas lainnya, kamu harus mengikuti kelas first timer untuk memperoleh dasar-dasar melakukan parkour yang aman dan efisien.
  4. Jangan malu karena keterbatasan fisik, baik kurus atau gemuk, tetap dapat berlatih parkour asalkan berusaha sebaik mungkin melawan rasa malu dan khawatirnya. Sebagai nilai tambahan, parkour akan meningkatkan kebugaran tubuh kamu karena gerakan-gerakan yang dilakukan banyak menyerupai olah raga pada umumnya.
  5. Berani menjadi kuat, karena banyak sekali mereka yang enggan memulai parkour karena ragu akan dirinya tak pernah berolahraga, sehingga memiliki otot-otot yang lemah.
  6. Jangan takut kotor, terutama bagi perempuan. Bagi kelas first timer, mereka akan banyak ‘berinteraksi’ dengan tanah atau aspal. Sebab latihan berupa berguling, melompat, dan mendarat menjadi latihan paling dasar dalam parkour.
  7. Kenakan pakaian yang nyaman, untuk kamu dapat melakukan gerakan-gerakan parkour. Tak menjadi halangan bagi perempuan berhijab, asal ditata sedemikian rupa sehingga nyaman untuk bergerak bebas. Hindari penggunaan celana berbahas jins, karena bahan yang kaku dapat membuat otot-otot pada kaki tak bergerak bebas.
  8. Terus berlatih, untuk meningkatkan variasi gerakan dalam parkour. Kamu tidak akan disuruh melakukan gerakan berbahaya, namun jika kamu merasa sudah mampu bereksplorasi dengan gerakan yang memiliki tingkat kesulitas lebih tinggi, pasti sangat mudah bagi kamu untuk melakukannya. Oleh karena itu latihan parkour dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Ternyata tidak sesulit itu bukan untuk dapat bergabung dengan komunitas Parkour? Dengan melakukan parkour, selain menjadi sarana gerak tubuh, juga akan mendapatkan nilai positif untuk kualitas jiwa dan raga kamu.

Sumber: Hitsss

FOTO: DOK. Akun Instagram trytoxplore

1 Comment

  1. Tirta Style says:

    Disurabaya di mana tempatnya kursus parkour biar bisa lebih save, terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *